Peristiwa

Ribuan Santri, Alumni, Gawagis-Nawaning Hadiri Kick Off Harlah 1 Abad Ponpes Al-Falah Kediri

17
×

Ribuan Santri, Alumni, Gawagis-Nawaning Hadiri Kick Off Harlah 1 Abad Ponpes Al-Falah Kediri

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Ribuan santriwan dan santriwati, alumni, gawagis serta nawaning tampak khidmat dan semangat mengikuti Kick Off Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Pondok Pesantren (PP) Al-Falah Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (19/5/2024).

Kegiatan diawali dengan ngaji Kitab Kuning oleh pengasuh Ponpes Al-Falah KH Nurul Huda Djazuli. Ribuan santri tampak terlihat khidmat mendengarkan dawuh-dawuh KH Nurul Huda Djazuli yang bersumber dari kitab yang beliau baca.

KH Muhammad Ma’mun, ketua umum panitia, mengatakan peringatan Kick Off Harlah 100 Tahun (1 Abad) Ponpes Al-Falah Ploso 1925-2025 mengangkat tema “Melestarikan Ngaji, Meneguhkan Khidmah Al Falah untuk Bangsa”.

Dalam peringatan 1 Abad Ponpes Al- Falah Ploso ini, akan banyak beragam rangkaian acara kegiatan yang akan dilaksanakan hingga puncak acara pada 1 Januari 2025 mendatang.

“Ada olimpiade, ada expo, seminar serta beberapa kegiatan lain yang sifatnya kita adalah untuk menyambut peringatan ini. Puncaknya nanti pada tanggal 31 Desember 2024 – 1 Januari 2025. Kita adakan final olimpiade di sini. Kemudian akan digelar juga munas ke-3 alumni Ponpes Al-Falah, lalu ditutup puncak acara haul 2025,” jelas Gus Ma’mun, sapaan akrab KH. Muhammad Ma’mun.

Baca  Reog Ponorogo dari Putri Raja Kediri untuk Tujuan Ini

Gus Ma’mun  menjelaskan  tema yang dipilih pada peringatan ini. “Artinya memang kita Ponpes Al – Falah diletakkan dulu oleh pendiri, yaitu beliau Romo KH Djazuli Utsman, sebagai pondok tempat mengaji. Mengaji kitab salaf, kitab yang dikarang oleh para ulama sebagai penjabaran Al-Quran dan hadis, ” paparnya.

Menurut Gus Ma’mun, apa yang sudah dirintis KH Djazuli Utsman sudah seharusnya dipertahankan dan dilanjutkan oleh para dzuriyah dan para santri.

“Dan semuanya harus kita pertahankan dan lanjutkan. Selain itu, pada pelaksanaannya, setelah para santri mendapatkan ilmu mumpuni, punya akhlak yang bagus, maka kami berharap alumni Ponpes Al – Falah Ploso bisa berkhidmat mengabdikan diri kepada masyarakat, menyebarkan ilmu yang diperoleh dari para guru,” tambah Gus Ma’mun yang saat ini juga menjabat sebagai ketua PCNU Kabupaten Kediri.

Perlu diketahui kIck off harlah ini merupakan pembukaan dari banyak rangkaian acara besar sekaligus peresmian logo dan launching merchandise peringatan Harlah 1 Abad Ponpes Al-Falah Ploso. (bs/hel)