INDONESIAONLINEBawaslu Kabupaten Blitar menggelar serangkaian sosialisasi pengawasan partisipatif bertajuk Bawaslu Blitar Sambang Sekolah. Salah satunya, digelar Selasa, 14 Desember 2021 di SMKS Islam Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Bawaslu Blitar Sambang Sekolah di SMKS Islam Kanigoro merupakan giat yang keempat kalinya. Tak hanya sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula, dalam Bawaslu Blitar Sambang Sekolah juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Pengawasan Partisipatif.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, Bawaslu Blitar Sambang Sekolah merupakan wadah Bawaslu untuk mensosialisasikan pengawasan partisipatif kepada para pemilih pemula. Yakni di kalangan SMA sederajat.

“Selama November Alhamdulillah, Bawaslu Kabupaten Blitar menggelar tiga kali giat Bawaslu Blitar Sambang Sekolah. Lalu Desember ini satu titik di SMKS Islam Kanigoro. Di setiap satu titik giat, ada sekitar 50-80 peserta yang mengikuti. Kami juga masih mempertimbangkan PPKM Level 3 di Kabupaten Blitar. Sehingga setiap giat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” kata Hakam.

Baca Juga  Majukan Dunia Pendidikan, Dua Fakultas dari Unisba Blitar Studi Banding ke Unisla Lamongan

Kepala SMKS Islam Kanigoro Dr Puji Wiyanto menyambut baik dan mengapresiasi Bawaslu Blitar Sambang Sekolah yang digelar di instansinya. Puji berharap, dengan sosialisasi dari Bawaslu bisa membuat siswanya lebih melek terhadap dunia politik, serta mengetahui apa yang menjadi haknya dalam berpolitik.

“Dengan kehadiran Bawaslu Blitar di sekolah, bisa mengenalkan siapa saja penyelenggara pemilu, aturan, kerawanan, serta bagaimana masyarakat bisa berpartisipasi dalam mengawasi. Kami sangat berterima kasih,” kata Puji.

Selain Bawaslu Blitar Sambang Sekolah, imbuh Hakam, juga ada giat sosialisasi yang bertajuk Bawaslu Blitar Sapa Sahabat dan Madrasah Politik yang bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Baca Juga  UIN Maliki Malang Gelar International Scholar Engagement

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Blitar Priya Hari Santosa yang menjadi narasumber dalam kegiatan menjelaskan, bahwa Bawaslu Kabupaten Blitar berupaya untuk tetap mensosialisasikan pengawasan partisipatif kepada semua elemen masyarakat. Pada penghujung tahun ini, lanjut Priya, selain program Bawaslu Sambang Sekolah juga dilakukan Bawaslu Sapa Sahabat sebagai bentuk tindak lanjut nota kesepakatan bersama.

“Saat ini kami utamakan dulu ke pemilih pemula dan pemilih muda. Semoga tahun depan semakin banyak elemen yang bisa kita sasar untuk pengawasan partisipatif,” kata Priya yang memiliki pengalaman kepemiluan seabrek ini.



Aunur Rofiq