INDONESIAONLINE – 4 Partai Politik (Parpol) hari ini, Senin (8/8/2022) direncanakan akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 4 partai tersebut yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Partai Republik Indonesia dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

“4 partai politik yang sudah mengajukan surat pendaftaran kepada KPU RI,” ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI Idham Holik, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, jika 4 partai tersebut telah menentukan waktu pendaftaran, sepeti halnya Partai Republik Indonesia akan mendaftar sekolah pukul 11.00 WIB, Partai Hanura mendaftar pukul 14.00 WIB dan dua partai yang koalisi, yakni PKB dan Partai Gerindra, mendaftar pada jam yang sama.

Baca Juga  Sudah Kantongi Nama, Gerindra akan Umumkan Cawapres Pendamping Prabowo Akhir Juli

“Bertepatan 10 Muharram jam 15.00 WIB kami PKB akan daftar ke KPU bersama Partai Gerindra,” kata Waketum PKB, Jazilul Fawaid dikutip dari Detik.

Lebih lanjut, pendaftaran secara bersamaan ini, juga menjadi sebuah soft launching antara PKB dengan Gerindra. Sebelum mendaftar ke KPU, para kader akan melakukan khataman Al-Qur’an terlebih dahulu.

Nantinya, kedua partai akan berangkat bersama dari Masjid Sunda Kelapa. Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar akan ikut bergabung dalam pawai dan pendaftaran ini.

Sementara itu, sesuai jadwal tahapan pemilu, KPU membuka pendaftaran parpol pada 1-14 Agustus 2022. Hingga Sabtu (6/8/2022), sebanyak 13 parpol telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Baca Juga  Gibran Tak Diundang, PDIP: Akan Picu Kemarahan Bupati Lainnya

Terlepas dari kelengkapan berkas, 13 parpol yang telah mendaftar yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Keadilan Persatuan (PKP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Kemudian Partai Demokrat, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI), Partai Reformasi dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).