UIN Malang Dorong Peningkatan Produktivitas Publikasi Ilmiah Para Dosen

UIN Malang Dorong Peningkatan Produktivitas Publikasi Ilmiah Para Dosen
Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin bersama Wakil Rektor I Prof Umi Sumbullah MAg bersama jajaran dalam kegiatan di Fakultas Ekonomi. (ist)

INDONESIAONLINE – Para dosen Universitas Islam Negeri  Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus didorong untuk meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah. Hal ini juga menjadi satu upaya dalam peningkatan akademik di Kampus Ulul Albab, sebutan UIN Maliki Malang.

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Maliki Malang Prof Dr Hj Umi Sumbulah MAg mengatakan,  publikasi ilmiah menjadi salah satu yang termasuk dalam Indikator Kinerja Individu (IKI) dosen tahun 2024.

Publikasi jurnal ilmiah juga menjadi kebutuhan untuk kenaikan jabatan para dosen. Hal ini tertuang dalam Perintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 46 tahun 2013 Pasal 26 ayat (3) huruf b. Setiap publikasi ilmiah dalam jurnal nasional diberi nilai atau angka kredit berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Untuk itu, Prof Umi berharap para dosen berpangkat asisten ahli dapat memublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal yang terakreditasi Sinta 4, Sinta 5, atau Sinta 6, dengan prioritas penerbitan di jurnal internal UIN Malang.

Sedangkan dosen berpangkat lektor memublikasikan karyanya pada jurnal terakreditasi Sinta 3. Sementara, untuk dosen berpangkat lektor kepala, karya ilmiah dapat diterbitkan di Jurnal Ilmiah Bereputasi (JIB) atau jurnal terakreditasi Sinta 2.

“Peningkatan publikasi ilmiah sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mendukung proses akreditasi prodi,” tegas Prof Umi dalam pengarahan perkuliahan pada Fakultas Ekonomi.

Oleh karena itu, Prof Umi berharap, seluruh dosen dapat memenuhi target yang telah ditetapkan agar dapat meningkatkan kualitas akademik dan mencapai target akreditasi pada masing-masing fakultas. “Kami harapkan target dapat dipenuhi para dosen,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Prof Umi juga memberikan penekanan untuk mengisi Tri Dharma di Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan e-learning. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penarikan data terkait kegiatan perkuliahan dan pengabdian kepada masyarakat. (hs/hel)