Pendidikan

UIN Malang Jalin Kerjasama Strategis dengan Kemenag RI, Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan

42
×

UIN Malang Jalin Kerjasama Strategis dengan Kemenag RI, Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sebarkan artikel ini
UIN Malang Jalin Kerjasama Strategis dengan Kemenag RI, Upaya Tingkatkan Kualitas Pendidikan

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama strategis bersama Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam kementerian Agama (Kemenang) RI.

Dirjen Bimas Islam, Prof Dr Phil Kamaruddin MA, hadir langsung melakukan penandatanganan kerjasama dengan Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA.

Prof Zainuddin dalam sambutannya menjelaskan, kerjasama yang terjalin tentunya sangatlah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di UIN Maliki Malang dan juga dalam bidang sosial. Kerjasama ini juga terkait aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti penelitian hingga pengabdian kepada masyarakat.

Setelah penandatanganan jalinan kerjasama ini, akan langsung ditindaklanjuti dengan langkah kongkret. Yakni berkolaborasi untuk gelaran seminar, workshop, penelitian, pelatihan manajerial, dokumentasi, administrasi dan lainnya.

“Implementasinya kedepan Fakultas Syariah dengan Dirjen Bimas Islam akan berkolaborasi dalam hal-hal tersebut, termasuk juga informasi ke KUA an,” jelasnya.

Lebih dari itu, dijelaskan Prof Zain sapaan akrabnya l, bahwa kerjasama juga akan terus berkembang dalam hal memberikan Pelatihan Training of Trainer (TOT) kepada para dosen dan mahasiswa. Aspek dalam ToT beragam, seperti dari mulai dari remaja usia sekolah hingga pada pelayanan keluarga.

Baca  Dukung Program dan Cita-Cita Kampus, UIN Malang Adakan Pelatihan Keuangan

“Nanti juga ada ToT bimbingan amil zakat, nadzir wakaf, dan juga peningkatan literasi zakat dan wakaf,” papar Rektor asal Bojonegoro ini.

Pihaknya menegaskan, bahwa adanay jalinan kerjasama sama ini diharapkan benar-benar memberikan dampak positif, khususnya bagi para mahasiswa untuk memperoleh pembelajaran dan pengalaman belajar yang berkualitas di UIN Maliki Malang.

Tak hanya dari sisi pembelajaran kampus. Kerjasama yang terjalin dengan diwujudkan melalui sebuah seminar nasional, turut diharapkan memberikan pemahaman yang mendalam dan implementasi yang baik atas regulasi yang ada, khususnya kaitan dengan ekonomi berkelanjutan.

“Langkah-langkah strategis yang dicanangkan semoga bisa memberikan dampak positif,” pungkasnya.