INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki ) Malang mengirimkan 62 atlet dan 11 pelatih dalam ajang Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) Ke-1. Kontingen tersebut diberangkatkan langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr M Zainuddin MA.

Event akbar tingkat nasional ini diselenggarakan di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung,  8-13 Agustus 2022. Ke-62 atlet dan 11 pelatih itu berasal dari berbagai fakultas di UIN Maliki Malang.

Dari Fakultas Ekonomi, ada 21 mahasiswa, Fakultas Humaniora menyumbang 9 mahasiswa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 1 mahasiswa, Fakultas Psikologi 4 mahasiswa, Fakultas Saintek 9 mahasiswa, Fakultas Syariah  9 mahasiswa, serta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengirim 9 mahasiswa.

Baca Juga  SDN di Tuban Hanya Dapat 1 Siswa, Warganet Anggap seperti Privat
1

Dalam prosesi pelepasan kontingen (4/8/2022), rektor UIN Maliki Malang menyampaikan bahwa UIN Maliki Malang tak pernah absen untuk berpartisipasi dalam mengirimkan kontingen atlet dalam ajang-ajang nasional. Bahkan, menurut Prof Zainuddin, hal tersebut merupakan tradisi.

“Jadi kampus UIN Maliki ini seperti sudah jadi tradisi. Akan selalu dan pasti mengirimkan kontigen!,” ungkap Zainuddin.

Untuk itu, rektor berharap kontingen yang dikirimkan bisa meraih hasil yang menggembirakan serta membuat harum nama UIN Maliki Malang di kancah nasional. Pihaknya juga berpesan agar seluruh kontingen selalu menjaga kebugaran dan kesehatan agar nantinya dalam pertandingan bisa meriah hasil yang maksimal.

2

“Tentu doa kami semua, semoga dari awal keberangkatan, perjalanan sampai kembali pulang, tetap fresh, sehat dan tentunya membawa kemenangan. Hal ini ibarat jihad. Jadi, insya Allah diridai Allah SWT,” kata Zainuddin.

Baca Juga  Usung Program Startegis, Rektor UB Baru: Kita Lanjutkan untuk Tetap Terbang

Sementara itu, 62 atlet yang dikirimkan akan tampil di 13 cabang perlombaan dan pertandingan. Yakni 6 cabang lomba seni (Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), pop solo Islami, cipta lagu Islami, puitisasi Al Quran, kaligrafi) dan 7 cabang lomba olahraga: tenis meja, catur,  voli, basket, bulu tangkis, futsal, panjat tebing.