Peristiwa

Viral Ketua Partai Gelora Situbondo Gunakan Jaminan Kesehatan Warga Miskin, Ini Klarifikasinya

15

INDONESIAONLINE – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gelora Situbondo,  Subairi, angkat bicara soal video viral dirinya yang menjelaskan mengenai manfaat program pemerintah daerah Sehat Gratis (Sehati). Dalam video berdurasi 58 detik tersebut, Subairi terlihat mengenakan baju bertuliskan “Bung Karna” di ruang rawat inap salah satu rumah sakit daerah sembari menemani keluarganya yang sedang sakit.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Subairi mengklarifikasi kebenaran video tersebut dan tujuannya. Ia mengungkapkan bahwa video tersebut dibuat hanya untuk tujuan bercanda.

“Itu saya bukan pakai Sehati, mas, tapi pakai BPJS. Mana mungkin saya pakai Sehati tapi fasilitas seperti itu. Video itu dibuat setelah saya dan beberapa teman yang menjenguk bercanda berbicara tentang Sehati, dan kemudian terpikir untuk membuat video soal Sehati. Kalau persoalan tersebar, saya sendiri kaget, padahal itu hanya bercanda dengan teman-teman yang ada di lokasi waktu itu,” ungkapnya, Minggu (26/5/2024).

Subairi selaku Ketua DPD Partai Gelora Situbondo mengklarifikasi dan meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi akibat video tersebut.

“Saya sampaikan minta maaf atas kegaduhan yang terjadi akibat video saya. Tolong sampaikan kepada teman-teman semuanya bahwa video tersebut hanya sebatas bercanda,” ujar Subairi.

Namun demikian, Subairi mengakui bahwa program Sehati sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Situbondo yang kurang mampu. Ia menyatakan bahwa banyak yang telah terbantu dengan program tersebut.

“Jadi saya pakai BPJS, ya mas, bukan Sehati. Tapi poin utamanya adalah bahwa kemanfaatan Sehati memang terbukti dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Situbondo yang kurang mampu. Sekali lagi, saya pakai BPJS, ya mas,” tegasnya.

Sebelumnya, masyarakat Situbondo sempat dibuat heran dengan beredarnya video yang menampilkan Ketua Partai Gelora mempromosikan dirinya menggunakan program Sehati untuk pelayanan kesehatan keluarganya.

Hal ini membuat geger karena Subairi adalah orang mampu, sedangkan program Sehati diperuntukkan bagi masyarakat Situbondo yang kurang mampu.

Sebagai informasi, program Sehat Gratis atau Sehati merupakan salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Situbondo terkait jaminan kesehatan gratis untuk masyarakat Situbondo yang kurang mampu dengan hanya menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) (wbs/dnv).

Exit mobile version