Ada Dokar Gratis di Alun-alun Kota Batu, Catat Jadwalnya

JATIMTIMES – Kota Batu memang menjadi salah satu jujugan berwisata bagi banyak pelancong dari dalam maupun luar negeri. Bukan hanya wisata dengan budget tinggi, jalan-jalan di Kota Apel itu juga bisa murah meriah jika kalian bisa menemukan sederet fasilitas cuma-cuma yang diberikan.

Salah satunya Dokar atau alat transportasi tradisional dengan kuda yang banyak ditemui di kawasan Alun-alun Kota Batu. Fasilitas ini sengaja disiapkan dan bisa dinikmati wisatawan dengan gratis alias cuma-cuma.

Buat kalian yang ingin merasakan fasilitas ini, kalian harus mengunjungi Alun-Alun Kota Batu pukul 08.00-11.00 WIB. Di jam itu, Dokar yang mangkal dipastikan gratis. Sebab pada pukul tersebut merupakan pelayanan gratis yang diberikan oleh Pemerintah Kota Batu kepada wisatawan Alun-Alun Kota Batu.

“Tapi untuk yang gratis ini rutenya pasti berbeda dengan yang berbayar. Kalau berbayar lebih jauh, sedangkan yang gratis ini lebih dekat jarak tempuhnya,” kata Kepala Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq. 

Namun jika kalian menaikinya di atas jam tersebut, pastinya akan dikenai biaya. Untuk mendapatkan dokar gratis itu cukup mudah, karena para kusir akan berada di area Alun-Alun Kota Batu.

Kemudian juga terdapat rambu-rambu bertuliskan dokar gratis, supaya wisatawan mudah mengenali dan paham jika di sana ada fasilitas dokar gratis.

Selama ini, wisatawan yang tertarik naik dokar selalu menjelajahi Kota Batu dengan rute berkeliling di Alun-Alun Kota Batu sebanyak dua kali.

“Dalam sehari disediakan 5 dokar yang siap melayani para pengunjung Alun-alun Kota Batu, dari total seluruhnya ada 26 dokar yang bergantian di setiap harinya,” tambah Arief.

Fasilitas ini bisa didapatkan setiap hari Senin sampai Jumat. Meskipun disiapkan setiap weekday, jangan salah, antrean wisatawan pun kerap terjadi.

Sementara itu, Muhammad Faizal asal Sidoarjo mengaku senang bisa menikmati fasiltas gratis tersebut, meskipun haru mengantre. “Luar biasa ya, jarang ada fasilitas seperti dokar gratis setiap kota/kabupaten di Alun-Alunnya,” ucap Faizal.

Apalagi, lanjut Lanjut Faizal, enak rasanya menaiki dokar dengan santai sambil menikmati udara segar Kota Batu. Ditambah langit cerah cocok menikmati santai di atas dokar.

Bagi wisatawan yang menaiki dokar pun tenang saja, sebab kusir menerapkan protokol kesehatan. Mulai dengan menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer. Mereka juga telah mendapatkan vaksin Covid-19.



Irsya Richa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sinergi dengan ASIDEWI, Pemkot Blitar Luncurkan City Tour Jas Merah Bumi Bung Karno

Kawasan wisata Makam Bung Karno.(Foto : Team JATIMTIMES) JATIMTIMES – Pemerintah Kota…

Bupati Banyuwangi Ipuk Ingatkan Waspada Omicron saat Liburan

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu…