Desa Wisata Semen Blitar Juara Satu Kategori Desa Wisata Maju di Ajang ADWI 2022

 

INDONESIAONLINE-Prestasi demi prestasi terus ditorehkan Kabupaten Blitar. Kali ini di bidang pariwisata, Desa Semen Kecamatan Gandusari mengharumkan nama Kabupaten Blitar dengan tampil sebagai juara di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

ADWI 2022 diselenggarakan pada Minggu 30 Oktober 2022 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Parekraf, Jakarta. ADWI 2022 merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan desa wisata di Indonesia dalam mengembangkan Desa Wisata  berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

ADWI 2022 merupakan semangat kebangkitan pariwisata Indonesia menyebarkan kreatifitas unggulan yang dimiliki Desa Wisata. Dengan mengusung tema “Indonesia Bangkit”, ADWI 2022 diikuti oleh 3.419 Peserta Desa Wisata dari seluruh Indonesia, yang kemudian dikurasi oleh Dewan Juri yang berkompeten dari latar belakang berbagai bidang. Dari hasil kurasi tersebut terpilih 500 Desa Wisata terbaik, yang kemudian dikurasi lagi menjadi 300 Desa Wisata terbaik. Dari 300 Desa Wisata kemudian dikurasi lagi menjadi 100 Desa Wisata terbaik, dan tahap kurasi terakhir terpilih 50 Desa Wisata terbaik.

Pada malam yang paling dinantikan oleh seluruh pegiat Desa Wisata di seluruh Indonesia tersebut, Desa Wisata Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar dinobatkan sebagai Juara Pertama Klasifikasi Desa Wisata Maju. Sebuah predikat paling bergengsi dalam ajang ADWI 2022. Klasifikasi Desa Wisata Maju merupakan predikat yang paling didambakan oleh seluruh peserta ADWI 2022.

Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah, yang turut hadir dalam acara tersbut menyatakan rasa bangganya terhadap pencapaian Desa Wisata Semen. Mak Rini berharap prestasi yang dicapai oleh Desa Wisata Semen tersebut dapat menjadi motivasi untuk berprestasi lebih tinggi lagi. Prestasi ini juga diharapkan bupati dapat menjadi motivasi bagi pelaku Desa Wisata lainnya di Kabupaten Blitar untuk terus bergerak dan berinovasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di desanya.

“Saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Blitar berkomitmen untuk terus mendukung setiap kegiatan masyarakat, terutama di sektor pariwisata, yang pada akhirnya akan bermuara terhadap peningkatan ekonomi,” kata Mak Rini.

Sementara itu, Suryanto selaku Ketua Desa Wisata Semen, dalam kesempatan ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim Desa Wisata Semen, Pemerintah Kabupaten Blitar, CSR, serta semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung Desa Wisata Semen dalam ajang ADWI 2022.

“Kami mempersembahkan pencapaian Desa Wisata Semen ini untuk seluruh masyarakat pariwisata di Indonesia, khususnya Kabupaten Blitar. Kedepan, Desa Wisata Semen akan lebih terbuka dengan semua pihak untuk bekerjasama dan berkolaborasi untuk sama-sama bergerak memajukan dunia pariwisata, khususnya Desa Wisata,” pungkas Suryanto.(Adv/Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sinergi dengan ASIDEWI, Pemkot Blitar Luncurkan City Tour Jas Merah Bumi Bung Karno

Kawasan wisata Makam Bung Karno.(Foto : Team JATIMTIMES) JATIMTIMES – Pemerintah Kota…

Bupati Banyuwangi Ipuk Ingatkan Waspada Omicron saat Liburan

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu…