JATIMTIMES – Sebanyak 30 peserta yang terbagi dalam 3 kategori pada lomba Tiktok dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-1261 Kabupaten Malang sudah tersaring. Ketiga kategori tersebut adalah kategori umum, kategori organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang dan kategori pelajar.

Selanjutnya, sebanyak 30 karya terbaik nantinya akan dilakukan penilaian oleh dewan juri kehormatan. Untuk menentukan 3 video terbaik sebagai pemenang di masing-masing kategori. 

 

Penjurian pada 30 video oleh 30 peserta ini rencananya akan dilakukan pada Sabtu (29/1/2022) mendatang. Di mana, yang akan menjadi juri adalah Bupati Malang HM. Sanusi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat dan Direktur JatimTIMES Lazuardi Firdaus. 

“Nanti saat penjurian, 30 video dari setiap kategori akan diputar dan dinilai oleh ketiga juri. Dan langsung akan diumumkan 3 pemenang di masing-masing kategori,” ujar General Manager (GM) JatimTIMES Network Heryanto.

Baca Juga  Peduli Sumber Mata Air Umbulan Ngenep, Taman Tirta Bersama Muspika dan Warga Lakukan Penanaman Pohon

Setelah muncul 9 pemenang, masing-masing 3 pemenang dari setiap kategori, panitia akan langsung memberikan penganugerahan. Yakni berupa piala dan juga hadiah uang tunai. 

Total hadiah uang tunai yang akan diberikan adalah senilai Rp 30 juta. Rinciannya, juara pertama akan memperoleh Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta dan juara ketiga sebesar Rp 2 juta. Penilaian akan dilakukan langsung oleh ketiga juri tersebut. Di mana, maksimal nilai yang akan diberikan kepada setiap video adalah 100.

“Jadi penilaian pada final ini akan langsung dihimpun dalam nilai maksimal 100. Jadi tidak terpisah, langsung diakumulasi dari kualitas video, kesesuaian dengan tema dan isi pesan yang disampaikan. Setelah itu akan dirangking untuk diambil pemenang,” terangnya. 

Ia memastikan bahwa penjurian akan dilakukan secara fair dan seprofesional mungkin. Sebab menurutnya, sebelum muncul 30 nominator ini, terlebih dahulu telah melalui proses seleksi yang sangat ketat. 

Baca Juga  Bupati Blitar dan Forkopimda Cek Pos Pengamanan Arus Mudik

 

“Video yang masuk kan ada banyak. Sebelum muncul 30 nominator dari 3 kategori ini, sudah kita saring dengan obyektif dan sangat ketat,” pungkasnya. 

Sementara itu, hingga lomba ini ditutup pada 30 Desember 2021 lalu, total tercatat ada sebanyak 736 video yang dihimpun panitia pada lomba yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang bekerja sama dengan JatimTIMES. Kemudia tim panitia melakukan penilaian terhadap pemenuhan kriteria dan persyaratan administrasi. 

Hasilnya, dari 736 karya sebanyak 363 peserta dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi sebagaimana ketentuan yang ditetapkan. Dengan rincian ada 43 peserta kategori perangkat daerah, 127 kategori pelajar, dan 193 peserta kategori umum.



Riski Wijaya