INDONESIAONLINE – Tes Mandiri Prestasi di bidang akademik dan non akademik digelar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.

Terkait Tes Mandiri Prestasi non akademik, menurut Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin MA merupakan upaya menjaring mahasiswa yang memiliki prestasi, baik di bidang kesenian maupun olahraga.

Hal ini pula dalam ranga mewujudkan UIN Maliki Malang berjaya di segala bidang.

“Seperti kemarin, paduan suara UIN Maliki Malang menorehkan prestasi. Maka dari itu, dengan banyaknya prestasi bidang akademik maupun non akademik tentu diharapkan dapat mengembangkan kampus dan semakin membuat UIN Malang berjaya,” ujar Prof Zain.

Sementara itu, dalam tes prestasi akademik, meliputi beberapa kategori prestasi, seperti hafalan Alquran, olahraga, kesenian maupun akademik. Tes ini dikatakan Prof Zain sangat diperlukan. Sebab, ini juga menjadi pembuktian bahwa mahasiswa benar-benar menguasai bidang sesuai dengan prestasinya.

Baca Juga  Training of Public Speakin Digelar UIN Maliki Malang

“Jadi bukan hanya sertifikat saja, di sini dites langsung. Sehingga diketahui anak ini memang benar-benar prestasi dan prestasinya bukan abal-abal,” terangnya.

Sebagai informasi, Tes Mandiri Prestasi diikuti oleh ratusan peserta. Pada kategori hafalan Al-Qur’an diikuti oleh 125 peserta. Kemudian, pada kategori olahraga diikuti oleh 31 peserta dan kategori kesenian diikuti oleh 16 peserta. Sedang dalam kategori akademik diikuti oleh 34 peserta.

Pelaksanaan tes tersebar pada tiga lokasi di UIN Maliki Malang. Untuk kategori kesenian dan hafalan Alquran dilaksanakan di Gedung A. Sedangkan kategori olahraga cabang pencak silat dan futsal digelar di Gedung Sport Center, dan kategori olahraga cabang voli bertempat di lapangan utama kampus.

Baca Juga  Peran Strategis Perpustakaan, Wakil Rektor 1 UIN Malang: Jantung Perguruan Tinggi

“Tes ini merupakan komitmen kampus untuk mewadahi calon-calon mahasiswa berprestasi pada berbagai bidang. Untuk itu, melalui tes mandiri prestasi ini diharapkan dapat benar-benar menjaring mahasiswa yang berkualitas, dimana ke depan dapat berprestasi dan mampu mengharumkan nama UIN Maliki Malang,” pungkas Prof Zain (as/dnv).