JATIMTIMESPolres Jombang telah melakukan sterilisasi di seluruh gereja jelang perayaan Natal 2021. Sedikitnya 500 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya ibadah Natal tahun ini.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan, pengamanan Natal kali ini akan bekerjasama dengan pihak pengurus gereja. Pihak gereja diimbau untuk membatasi jemaat agar tidak terjadi kerumunan saat ibadah berlangsung.

“SOP (Standar Operasional Prosedur) pengamanan gereja kami serahkan secara internal. Dari paparan pihak gereja, jemaat akan diberikan undangan. Dengan pembatasan itu akan lebih steril,” ujarnya kepada wartawan saat meninjau persiapan pengamanan Natal di Gereja Katolik Santa Maria, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (22/12).

Sementara, kata Nurhidayat, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di luar gereja. Sedikitnya, ada 500 personel akan disiagakan ke seluruh gereja di Jombang.

“Dari kekuatan personel, masih kita utamakan untuk internal Jombang sendiri. Kurang lebih anggota 500 personel lebih,” tandasnya.

Dikatakan Nurhidayat, persiapan pengamanan Natal telah dilakukan sejak Minggu (19/12/2021) kemarin. Anggota kepolisian dikerahkan untuk melakukan sterilisasi di sejumlah gereja.

Sterilisasi dilakukan dengan menyisir sejumlah titik di dalam dan luar gereja dengan anjing pelacak. Seperti di halaman gereja, altar, kursi jemaat dan halaman parkir gereja.

Tidak hanya itu, Nurhidayat juga memastikan seluruh perlengkapan protokol kesehatan (prokes) tersedia. Yakni tempat cuci tangan dan jarak tempat duduk jemaat yang diatur sesuai prokes.

“Kami lakukan sterilisasi pengamanan internal dan eksternal. Tentunya kita juga mengaca dari peristiwa-peristiwa yang lalu agar tidak kecolongan di Jombang. Dan Alhamdulillah dari Romo, Pendeta dan Forpimda sangat mendukung untuk menciptakan lingkungan yang kondusif,” pungkasnya.



Adi Rosul

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi ¬†Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Kerugian Rp 100 Juta, Kebakaran Pabrik Gula Jawa Nihil Korban

INDONESIAONLINE – Pabrik gula jawa milik Sutrisno (55) di Dusun Karanglo Desa…

Luhut Bisiki Jokowi soal Penyedia Tetap Makanan Prajurit TNI

INDONESIAONLINE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku diberi tahu oleh Menteri Koordinator…

Open BO, 6 Perempuan Kena Razia Pekat, 3 Masih Layani Tamu

INDONESIAONLINE – Enam wanita terpaksa diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)…