INDONESIAONLINE – Sejak terjadinya pandemi covid-19, segala aktivitas dilakukan secara online mulai dari mencari ilmu/ bersekolah hingga berbelanja. Selain praktis, belanja online tergolong lebih murah daripada belanja di offline store karena banyaknya promo yang disediakan di platform tersebut seperti gratis ongkir, cashback dan juga diskon/ potongan harga. 

Maka tak heran jika hal tersebut digemari oleh kalangan anak muda sampai kalangan ibu rumah tangga. Kebiasaan berbelanja online ini menjadikan berbagai platform berlomba-lomba untuk menambahkan fitur belanja online di dalamnya seperti Instagram dan juga Tiktok.

Platform TikTok Shop lebih digandrungi oleh banyak kalangan dikarenakan adanya fitur-fitur di dalamnya yang mendukung dan memiliki daya tarik pada penontonnya untuk membeli barang pada platform tersebut. 

Baca Juga  Resep Sup Tahu Tomat ala Sibungbung, Segar dan Nikmat

Pada akun TikTok @bisnisbarengbram pada Sabtu (18/2/2023) menjelaskan bahwa Shopee dan Tokopedia harus berhati-hati karena dengan adanya TikTok Shop yang merupakan platform social media yang berkembang menjadi sebuah E-Commerce yang dibuktikan dari nilai transaksinya yang sangat tinggi. 

Selain itu, TikTok juga akan memperluas platformnya ke berbagai negara yang kemungkinan akan menggeser kedudukan Shopee, Tokopedia dan platform lainnya.

Dilihat dari data statistika pada GoodStats, pengguna TikTok mencapai hingga 99,07 juta pengguna pada tahun 2022. Kemudian mengenai Survei Populix, banyaknya pengguna yang berbelanja di TikTok Shop yaitu 45% dari seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa launchingnya TikTok Shop dianggap sukses dengan semakin banyaknya pengguna.

Baca Juga  Beber UU HPP, Kantor Pajak Dorong Wajib Pajak Segera Lapor

Penawaran barang yang dijual di TikTok Shop dapat ditunjang dengan fitur live dan juga vt TikTok. Fitur live dapat memperlihatkan barang yang dijual dengan jelas sehingga pembeli tidak memiliki pikiran untuk ditipu dan vt TikTok merupakan video-video yang di posting seperti iklan. Akun TikTok @xavierj1704 mengatakan “sejak ada TikTok Shop jadi jarang buka shopee” pada sebuah vt TikTok yang menampilkan tentang kelebihan dari fitur TikTok Shop.