Politik

Adik Gus Ipul Mundur dari Ketua PKB Kabupaten Pasuruan, Ini Alasannya

8
×

Adik Gus Ipul Mundur dari Ketua PKB Kabupaten Pasuruan, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Langkah mengejutkan diambil Irsyad Yusuf.  Mantan bupati Pasuruan dua periode (2013—2018 dan 2018—2023) itu mundur sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan.

Pengumuman mundur tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Gus Irsyad itu saat halalbihalal dan pendidikan politik Pilkada 2024 di Kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Jumat (17/5/2024). Pada acara itu pula, diumumkan bahwa Ketua Dewan Syuro PKB Kabupaten Pasuruan KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) menerima rekomendasi DPP PKB sebagai calon bupati Pasuruan.

Alasan mundur Gus Irsyad terkait dengan Pemilu 2024. Dia mundur karena gagal mencapai target kursi legislatif untuk PKB. Dari target 18 kursi, PKB Kabupaten Pasuruan hanya memperoleh 14 kursi di Pemilu 2024.

“Secara resmi, saya mengundurkan diri sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan,” kata Gus Irsyad, yang juga adik Sekjen PBNU sekaligus Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Meskipun mundur sebagai ketua DPC, Gus Irsyad menegaskan bahwa dirinya tetap menjadi kader PKB dan berkomitmen mendukung PKB dalam Pilkada 2024. “Jadi, jangan diartikan macam-macam. Saya akan turun langsung untuk memenangkan KH Mujib Imron sebagai bupati Pasuruan,” tegas dia.

Baca  Tolak Rayuan Nasdem dan Sandi, Sinyal Khofifah Maju Pilgub 2024?

Gus Irsyad menjelaskan bahwa keputusan mundur juga didasarkan pada loyalitas dan kepatuhannya kepada pimpinan DPP PKB. Sebelumnya, saat menerima surat keputusan (SK) sebagai ketua DPC PKB Pasuruan, ia menandatangani pakta integritas yang mengharuskan mencapai target 18 kursi DPRD pada Pemilu 2024. Namun, target tersebut tidak terpenuhi karena PKB Kabupaten Pasuruan hanya meraih 14 kursi. (red/hel)