Amalkan Doa Ini untuk Menghapus Segala Bentuk Dosa

JATIMTIMES – Setiap umat Muslim pasti pernah berbuat dosa. Terkadang beberapa orang menyarankan kita untuk bertobat. Kerap disarankan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Nasihat ini sepenuhnya tepat karena kita memang tidak bisa lepas dari kesalahan dan dosa.

Tobat merupakan sarana untuk menghapus dosa-dosa itu. Allah SWT akan memberikan ampunan-Nya selama kita memintanya dengan benar dari dalam hati. Allah SWT memiliki sifat Maha Pemaaf. Hanya Dia yang mampu memberikan ampunan sehingga kita lepas dari segala dosa. Karena kehidupan kita tak bisa lepas dari dosa, maka rutinkan membaca doa ini agar diampuni oleh Allah SWT.

Doa Penghapus Dosa

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ لك بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana abduka wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’udzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u bidzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz dzunuba illa anta.”

Artinya:

” Ya Allah, Engkau adalah lah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba Mu dan aku berada di atas sumpahku dan janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosa (yang aku perbuat). Maka, maafkanlah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa selain Engkau.”

Doa usai salat untuk memohon ampunan

Selain doa di atas, untuk memohon ampunan agar dosa kita terhapus, dianjurkan membaca doa di bawah ini setelah salat fardu.

Doa Mohon Ampunan Setelah Salat 

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةِ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

“Allahumma inni as’alukal ‘afwa wal ‘afiyah fid dini wad dunya wal akhirah.”

Artinya,

” Ya Allah, sungguh, aku memohon kepada-Mu maaf dan kekuatan pada agama, dunia, dan akhirat.”



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Dibunuh 70 Kali dan Tetap Hidup, Begini Kisah Nabi Jirjis yang Melawan Raja Kafir dan Meninggal Syahid

JATIMTIMES – Kisah Nabi Jirjis, sangatlah menarik. Sebab, ia pernah dibunuh oleh…

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha 2022 Sore Ini

INDONESIAONLINE – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan dilaksanakannya…