JATIMTIMES – Sebuah pohon peneduh jalan yang berkuruan cukup besar, pagi ini tumbang dan menimpa sebuah toko HP milik warga di Juanda Lumajang.

Menurut informasi dari DLH, pohon tersebut tumbang melintang jalan sekitar pukuk 08.44. Beruntung pada saat itu tidk ada warga yang melintas.

“Ini kayunya cukup besar, untuk saat kejadian sedang tidak ada kendaraan atau warga yang melintas. Hanya kena toko HP yang di seberang jalan,” kata warga setempat.

Karena pohon tumbang ini petugas dari DLH dan BPBD Lumajang langsung datang ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

“Disamping karena angin kencang, ada bekas perusakan akar pohon yang akan digunakan sebagai akses masuk ke rumah warga, akhirnya pohon tidak kuat,” kata Kepala DLH Lumajang Ir. Yuli Harismawati, kepada Jatimtimes, siang ini, Selasa (21/12).

Baca Juga  Disebut Kerap Konsumsi Obat ODGJ, Pria Ini Gantung Diri

Oleh karena itu, Yuli Harismawati menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perusakan pohon peneduh jalan, agar pohon tetap kuat jika ada angin kencang.

Sementara akibat pohon tumbang ini sebuah toko HP yang berseberangan jalan mengalami kerusakan pada bagian depan toko tersebut. Belum ada penjelasan terhadap perkiraan kerugian akibat pohon tumbang ini. 

Selain di jalan Juanda, sebuah pohon nyaris roboh atau miring dan nyaris menimpa rumah warga di Sukodono Lumajang. Petugas BPBD langsung mengevakuasi pohon tersebut akan tidak  merusak rumah warga. 

“Kalau yang di Sukodono memang karena angin kencang,” kata Kepala DLH Ir. Yuli Harismawati, melalui pesan WhatsApp kepada media ini. 

Baca Juga  Selami Regulasi Perizinan Kota Kediri, HIPMI Kota Kediri Ikuti Pembekalan Berusaha



Moch. R. Abdul Fatah