JATIMTIMES – Hujan disertai angin kencang melanda Kota Batu selama dua hari terakhir. Pada Senin (7/2/2022), pohon tumbang kembali terjadi di kawasan Jalan Oro-Oro Ombo, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Pohon tumbang kali ini hingga menelan korban di kawasan tersebut.

Peristiwa pohon tumbang tersebut merupakan kejadian ketiga dalam dua hari terakhir saat angin kencang. Di mana sejak Minggu (6/2/2022), hujan disertai angin kencang memang melanda Kota Wisata tersebut.

Angin yang cukup kencang membuat pohon Sono Kembang yang sudah kering tumbang. Sehingga, pohon berdiameter 20 centimeter dan tinggi 4 meter tersebut menimpa bagian depan sebuah mobil boks.

Akibatnya, kaca mobil pada bagian depan mengalami pecah. Selain itu, satu orang mengalami luka-luka akibat kejadian ini. Korban merupakan kernet mobil boks bernama Dwi Cahyono, warga Desa Argosuko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Baca Juga  Ramai di Medsos, Tagar Tolak Bayar Pajak Tak Pengaruhi Penerimaan Pajak di Kanwil DJP Jatim II

Sementara sopir, Nadhir Zainuri, warga Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dinyatakan selamat.

“Dalam kejadian pohon tumbang di Jalan Oro-Oro Ombo, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu hingga menyebabkan satu orang luka-luka. Saat ini korban Dwi Cahyono dirawat di RS Baptis,” kata Kepala Pelaksana tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Insiden tersebut juga mengakibatkan lalu lintas pengguna jalan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, pemotongan dan pembersihan pohon tumbang langsung dilakukan oleh tim gabungan.

Sebelumnya, dua kejadian terjadi di Jalan Samadi, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu dan Kawasan Jalibar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu.

Seperti di Jalan Samadi, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu angin kencang menyebabkan dahan pohon keningar tumbang. Pohon tersebut memiliki diameter 25 centimeter dan panjang 5 meter tumbang ke jalan.

Baca Juga  Viral Video Aparat Kepolisian Tidak Berdiri saat Lagu Indonesia Raya Berkumandang

“Karena kondisinya pohon keningar yang sudah lapuk, saat angin kencang dahan pohon dengan diameter 25 cm dan panjang 5 m tumbang ke jalan,” tambah Agung.

Kemudian pohon tumbang di Kawasan Jalibar, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan pohon tabebuya dengan diameter 50 centimeter dan tinggi 15 meter tumbang.

Pohon tabebuya dengan tinggi 15 meter dan diameter 50 centimeter tumbang ke jalan. Hingga menutup sebagian jalan. “Kepada masyarakat yang melintas di jalan agar berhati-hati saat melintas saat musim hujan,” imbau Agung.



Irsya Richa