INDONESIAONLINE – Teh menjadi salah satu minuman yang disukai oleh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, kini penyajian teh tak harus menyeduh lalu menyaringnya.  Opsi teh celup kini banyak menjadi pilihan lantaran praktis.

Selain itu, saat ini merek teh celup juga begitu beragam dengan jenis rasa, aroma dan ciri khasnya masing-masing. Dengan banyaknya merek teh itu, lantas apa sih pertimbangan masyarakat dalam memilih merek teh celup?

Dari hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC),
Ada banyak indikator yang menjadi pertimbangan masyarakat dalam membeli sebuah merek teh celup.
Survei ini melibatkan 622 responden. Dari jumlah tersebut, ada 550 responden yang memilih teh celup.

Dalam survei ini diberikan banyak opsi untuk dipilih. Secara demografi, responden berasal dari 50,2 persen laki-laki dan 49,8 persen perempuan. Survei dilakukan pada 17-24 Maret 2023.

Baca Juga  Kisah Kocak Gur Dur Saat Ada Tamu Ingin Bertemu Nyi Roro Kidul, Sampai Bikin Terpingkal

“Toleransi kesalahan atau margin of error (MoE) sebesar 3,92 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen,” kutip dari datbooks katadata.

Hasil survei menguak bahwa yang menjadi pertimbangan utama masyarakat membeli sebuah merek teh celup adalah aroma atau wangi teh. Ada 81,1 persen responden yang mengatakan hal ini.

Selanjutnya, rasa teh yang enak menjadi hal kedua yang menjadi pertimbangan masyarakat membeli sebuah merek teh celup. Ada 68,7 persen responden yang menyampaikan ini.

Faktor mudah ditemukan juga menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memilih sebuah merek teh celup. Sebanyak 83,6 persen responden membeli sebuah merek teh celup lantaran mudah dijumpai di berbagai tempat.

Lebih lanjut, ada sebanyak 62,7 persen responden memilih sebuah teh celup karena melihat harga yang terjangkau tanpa melihat faktor lainnya.

Baca Juga  Unik dan Lucu, Inilah Fakta Unik Tikus Mol Buta yang Menggemaskan

Tampilan warna teh ternyata juga menjadi pengaruh dalam pemilihan merek teh. Sebanyak 49,1 persen mempertimbangkan membeli sebuah merek teh dari warna tehnya.

Sedangkan 31,8 persen responden membeli merek teh celup karena teh tersebut telah terkenal dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Pertimbangan selanjutnya adalah, 24,9 persen responden membeli sebuah merek teh celup tertentu karena varian rasa yang beragam. Ada juga 22,4 persen responden yang membeli sebuah merek teh tertentu karena ulasan baik.

Bahkan, ada juga orang yang membeli sebuah merek teh celup karena promo yang tersedia. Hal ini dinyatakan oleh 14 persen responden. Terakhir, ada 4,2 persen responden yang memilih sebuah merek teh karena alasan lain-lain. (as/hel)