INDONESIAONLINE – Tak banyak orang tahu jika sebuah rumah dengan alamat Jalan Ampelgading, Nomor 10 di Kelurahan Ampel, Kecamatan Pabean Cantikan dahulunya ditempati oleh salah satu Pahlawan Nasional, Abdurrahman Baswedan.

Sayangnya, setelah puluhan tahun berlalu kini rumah tersebut sudah menjadi bangunan baru. Tak seperti rumah di depannya yang masih bernuansa bangunan lama atau masih berupa heritage.

Sejarawan Kota Surabaya Hamid Nabhan menyampaikan, jika berdasarkan pengakuan keluarga besar Baswedan dahulunya Abdurrahman Baswedan lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Jalan Ampel Gading nomor 10.

“Memang menurut pengakuan familinya bahwa rumah di Ampelgading nomor sepuluh itu adalah rumah A.R Baswedan di masa lahirnya dia dan anak-anak,” ujarnya.

Baca Juga  Stok Telur dan Daging Ayam Potong untuk Ramadan-Idul Fitri di Banyuwangi Diprediksi Cukup

Hanya saja kata dia rumah tersebut saat ini sudah dialih tangankan (terjual) ke orang lain. “Sehingga dibongkar menjadi bangunan yang baru,” lanjutnya.

Bagi Hamid, sangat wajar jika A.R Baswedan tak sampai memiliki rumah tersebut dan juga sampai ikut mewariskan. “Karena A.R Baswedan ini semasa hidup waktu dan tenaganya banyak diluangkan untuk perjuangan. Beliau berbeda dengan keluarga Baswedan lainnya yang sampai ada menjadi tuan tanah seperti di kawasan Gubeng-Kertajaya,” bebernya.

Sebagai pecinta sejarah Hamid mengaku sangat menyesalkan hilangnya bangunan sebagai saksi bisu sejarah tersebut. “Ini sangat disesalkan. Karena banyak bangunan lama dibongkar di Kota Surabaya,” sesalnya.

Seharusnya pemerintah, kata dia punya peran ikut menjaga rumah kuno agar tak sampai dibongkar. “Karena itu sejarah yang bisa berbicara pada anak-cucu kita,” cetus pria yang sudah menulis puluhan buku ini.

Baca Juga  Tak Bisa Sembarangan, Dalam Islam Jima' Ada Adabnya

Dia menambahkan, jika di tempat lahir A.R Baswedan bisa didirikan sebuah monumen penanda itu tentu sangat bagus. “Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Di mana A.R Baswedan ini punya jasa besar terhadap berdirinya Negara Indonesia ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui bersama A.R Baswedan adalah orang tua dari Rasyid Baswedan. Rasyid Baswedan ini adalah ayah dari mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.