JATIMTIMES – Bantuan logistik dalam bentuk bahan pangan, obat-obatan dan keperluan lainnya untuk korban bencana Semeru saat ini benar-benar melimpah. Sejumlah posko yang ada di Lumajang terus disuplay bantuan dari berbagai pihak.

Di GOR Wirabhakti Lumajang misalnya, bantuan selain memenuhi seluruh area GOR, juga sampai ditempatkan di tribun. Itupun bantuan terus berdatangan dari berbagai daerah.

Terkait hal ini Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq berharap agar bantun disampaikan dalam bentuk uang atau barang yang bermanfaat untuk membangun kembali rumah warga yang rusak akibat bencana Semeru ini.

Bahkan Cak Thoriq panggilan akrabnya, menyebut, bantuan yang ada saat ini sudah mencukupi untuk kebutuhan pengungsi selama 1,5 bulan kedepan.

Baca Juga  Ini 3 Jurnalis Kandidat Calon Ketua PWI Malang Raya

“Bantuan dalam bentuk logistik saat ini sudh cukup untuk 1,5 bulan kedepan. Jika ada masyarakat yang akan membantu bisa dalam bentuk yang yang rekeningnya sudah saya sampaikan. Atau membantu barang yang diperlukan ketika nanti relokasi rumah akan dilakukan,” kata Cak Thoriq, hari ini, Sabtu (11/12) di Lumajang.

Barang-barang tersebut bisa dalam bentuk semen atau alat-alat pertukangan, yang sangat diperlukan saat relokasi rumah warga akan dilakukan.

Sebagaimana diketahui, Cak Thoriq saat ini sedang menyiapkan lahan milik Perhutani yang nantinya akan digunakan untuk pemukiman warga terdampak letusan Semeru yang terjadi pada hari Sabtu (4/12) lalu.

Sementara saat ini Pemkab Lumajang telah menerima sejumlah bantuan uang diantaranya dari Gubernur Kalimantan Tengah sebesar Rp 7,5 milyar yang nantinya akan digunakan untuk membangun rumah warga.

Baca Juga  Komisi III Minta Novel Baswedan Sertakan Bukti Valid soal Transaksi Rp 300 Miliar Eks Penyidik KPK

Bantuan lainnya dalam bentuk dana juga terus mengalir dari berbagai pihak, termasuk diantaranya yang diterima Baznas Lumajang.



Moch. R. Abdul Fatah