JATIMTIMES – Hijaz merupakan sebuah wilayah yang terletak di sebelah barat laut Arab Saudi dengan kota utamanya Damaskus. Namun, Hijaz lebih dikenal sebagai sebuah wilayah penjaga dua kota suci yakni Makkah dan Madinah.

Bendera Hijaz pun memiliki corak warna merah, hitam, hijau dan putih. Di mana negara-negara di Timur Tengah banyak yang meniru dan menggunakan corak warna yang sama dengan Bendera Hijaz.

Melalui akun tiktok @faathirumasugi disebutkan bahwa alasan negara-negara di Timur Tengah meniru corak warna dari bendera Hijaz dikarenakan merupakan simbol persatuan dan perlawanan Bangsa Arab terhadap kekuasaan Ottoman atau yang dikenal sebagai Arab Revolt.

Dahulu kawasan Timur Tengah berada di bawah kekuasaan Ottoman. Selama Ottoman berkuasa, Bangsa Arab merasa resah dan dikucilkan oleh Ottoman. Hal itu lah yang menjadikan Bangsa Arab merasa perlu bersatu agar kuat dalam melakukan perlawanan terhadap Ottoman.

Baca Juga  Mitos dan Fakta: Kehebohan Penerbangan Hantu Mengguncang Australia

Perlawanan Bangsa Arab kepada Ottoman dipimpin oleh Syarif Hussain yang pada saat itu merupakan Gubernur Makkah. Ketika perang dunia pertama terjadi, Ottoman terlibat dan saat itu berada di pihak Jerman untuk melawan pasukan sekutu.

Syarif Hussain memanfaatkan peristiwa perang dunia pertama ini untuk mencapai tujuannya agar merdeka dari Ottoman dengan meminta bantuan kepada Inggris. Di mana pada saat perang dunia pertama Inggris juga memerangi Ottoman.

Inggris pun akhirnya mau membantu Bangsa Arab di bawah kepemimpinan Syarif Hussain untuk melawan Ottoman. Inggris pun menjanjikan kemerdekaan bagi Bangsa Arab. Namun, Inggris juga menebar janji kepada Prancis untuk membagi negara-negara di kawasan Timur Tengah tersebut.

Baca Juga  Terkubur 2.000 Tahun, Lukisan-lukisan Ini Ditemukan di Kota Kuno Pompeii

Dengan bantuan Inggris dan Prancis, Bangsa Arab pun bersatu melakukan perlawanan terhadap Ottoman dan akhirnya berhasil mengalahkan Ottoman. Setelah itu, Inggris dan Prancis pergi meninggalkan daerah jajahannya masing-masing di Timur Tengah.

Kemudian, negara-negara di Timur Tengah yang merdeka akhirnya membuat bendera dengan menggunakan corak warna dan beberapa simbol seperti Bendera Hijaz.

Diantaranya, Irak, UAE, Sudan, Mesir, Palestina,  Suriah, Yaman, Kuwait dan Yordania. Kini penerus kerajaan Hijaz yakni Kerajaan Yordania. Hal itu dilakukan sebagai simbol persatuan Bangsa Arab ketika melawan Ottoman dan berhasil merdeka.



Tubagus Achmad