INDONESIAONLINE – Hal-hal yang berbau Korea, seperti musik K-Pop atau pun Drama Korea tentu sudah pasti digandrungi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muda. Kegilaan pada artis Korea idola mereka tak jarang juga membuat mengikuti dan membeli apa yang digunakan atau dipromosikan oleh sang idola. 

Lantas, seberapa besar tingkat kegemaran masyarakat Indonesia terhadap selebriti Korea Selatan dibandingkan dengan selebriti lokal? Dan seberapa besar minat mereka tertarik dengan produk yang dipromosikan idolanya?

Perusahaan riset digital tSurvey melakukan survei berkaitan hal tersebut. Terkuak hasil survei yang diolah dari laman resminya, ada 76 persen orang Indonesia yang menggandrungi konten berbau Korea dan juga selebriti Korea. Sementara 29 persen lainnya menyukai konten berbau Korea namun tidak mengidolakan selebriti Korea.

Kemudian, perihal pengaruh idola Korea terhadap pembelian produk oleh fans, hasil survei juga menguak, jika fans tersebut memiliki potensi tinggi untuk membeli produk yang dipromosikan idolanya dibandingkan fans lokal.

Baca Juga  Gempa Bumi, Bencana Alam yang sudah Banyak Dijelaskan dalam Alquran

Ada 13 persen fans Korea selalu membeli produk yang dipromosikan oleh idolanya. Bahkan, intensitas fans yang sering membeli juga ada, persentasenya mencapai 9 persen. 

Kemudian, ada juga 45 persen fans pernah sesekali membeli barang yang dipromosikan idolanya. Kemudian, 33 persen fans ada juga yang belum pernah membeli sama sekali. 

33 persen fans yang belum pernah membeli produk yang dipromosikan idola Korea-nya ini beralasan, bahwa mereka hanya menggemari karya saja. Mereka merasa tidak perlu membeli produk yang dipromosikan dan merasa barang tersebut belum diperlukan.

Sementara itu, dibandingkan dengan fans Korea, persentase penggemar pada artis lokal juga tak kalah besar. Hasil survei tSurvey ada 71 persen penggemar konten lokal juga mengidolakan artisnya. 29 persen mengaku tidak memiliki idola sama sekali. 

Baca Juga  Tak Banyak yang Tahu, Ini Beragam Fungsi Loose Powder Jarang Diketahui

Sementara itu, jika dibandingkan dengan fans lokal, tingkat pengaruh idola terhadap pembelian produk yang dipromosikan rendah. Hanya ada 4 persen yang selalu membeli produk yang dipromosikan idolanya. 2 persen mengaku sering membeli, 37 persen fans mengaku sering sesekali membeli dan ada 58 persen fans belum pernah membeli sama sekali. 

Jika dibandingkan dengan fans idola lokal, hanya 4% yang selalu membeli produk yang dipromosikan idolanya, 2% sering membeli, 37% pernah sesekali membeli dan 58% belum pernah membeli sama sekali. 

Berdasarkan data di atas, dapat diketahui bahwa penggemar idola Korea di Indonesia memiliki tendensi yang lebih besar untuk membeli produk yang dipromosikan idolanya.