Robot Nangkal Covid Omicron (Ronaldo). (Foto : Asmadi / JatimTIMES )

JATIMTIMES – Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol Erwin Zainul Hakim menyerahkan bantuan dari Bank Negara Indonesia (BNI) kepada Rumah Sakit Bayangkara Lumajang. 

Bantuan tersebut berupa mesin robot yang bisa memberikan pelayanan kepada pasien di rumah sakit.

Selain bisa berkomunikasi dengan pasien, robot ini cukup membantu pasien sebagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit kepada pasien, misalnya pasien yang sedang menjalani isolasi.

“Tentunya dengan adanya mesin robot ini fungsi dari APD itu sendiri bisa dikurangi, seperti kebutuhan untuk memeriksa, memberi obat, dan makan,” terang Kombes Pol Erwin Zainul Hakim.

Ia juga menjelaskan, di tengah kondisi pandemi ini, adanya inovasi Robot Nangkal Covid Omicron (Ronaldo) merupakan langkah yang positif dalam membantu tenaga medis untuk melakukan disinfeksi dan sterilisasi tanpa campur tangan manusia.

Baca Juga  Tunggu Tim Medis, Ada Obat di Samping Jasad Pria di Tulungagung

“Diharapkan tenaga medis dapat terlindungi dan mengurangi risiko penularan virus,” jelas Erwin Zainul.

Robot 150 CM ini dapat beroperasi selama 5 jam dan dikendalikan dengan menggunakan remote control atau autonomous control mode.

Robot Ronaldo juga dilengkapi sensor ultrasonic untuk menghindari terjadi tabrakan antara robot dengan benda di sekitarnya,” pungkasnya.



Asmadi Lumajang