Kondisi pohon yang nyaris tumbang di Jalan Raya Karanglo Singosari.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES – Sebuah pohon besar di sekitar jalan raya Karanglo Kecamatan Singosari nyaris tumbang pada Kamis (3/2/2022) sore. Peristiwa tersebut terjadi saat wilayah setempat sedang turun hujan deras disertai angin kencang.

Pantauan di lokasi kejadian, pohon tersebut masih tertahan oleh tembok sebuah bangunan yang tidak terpakai. Selain itu, pohon tersebut juga menimpa kabel listrik saluran PLN. Hal tersebut membuat tiang listrik beton juga miring dan nyaris ambruk. 

“Kalau tadi hujannya dari sekitar jam 1 siang. Dan anginnya kencang,” ujar salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Hujan yang turun berlangsung cukup lama. Hingga sekitar pukul 16.30 WIB, saat hujan reda, petugas akhirnya melakukan proses evakuasi. Dengan memotong bagian pohon yang menjuntai ke arah jalan. 

Baca Juga  Kuasa Hukum Masyarakat Desa Batangsaren Menilai Penanganan Kasus Dugaan Korupsi PADesa di Tulungagung Terkesan Lambat

Akibat pohon yang menimpa kabel listrik hingga membuat tiang listrik beton nyaris roboh itu, aliran listrik di sebagian area tersebut juga mati. Baik di kawasan pemukiman ataupun pertokoan.

“Iya mas, ini di rumah masih mati listriknya. Itu kan kabelnya tertimpa pohon, dan tiang (listrik) nya juga ikut miring,” imbuh dia. 

Sementara itu, proses evakuasi tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas ke arah utara atau menuju Singosari menjadi sedikit terhambat. Mengingat kemiringan pohon yang mengarah ke badan jalan, maka petugas di lapangan juga menutup sebagian badan jalan. 



Riski Wijaya