JATIMTIMES – Akhirnya setelah menanti cukup lama, Kota Batu memiliki sebuah gedung perpustakaan yang megah di tengah-tengah Kota Batu. Pada Jumat (4/2/2022) Wali Kota Batu Dewanti secara resmi meresmikan Gedung Layanan Pespustakaan di Jalan Kartini, area Alun-Alun Kota Batu.

Peresmian Perpustakaan Umum Kota Batu mengusung tema Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, Peresmian Gedung Layanan Pespustakaan dan Pengukuhan Bunda Literasi Kota Batu. Sebagai upaya untuk meningkatkan literasi warga Kota Batu.

Dengan menyuguhkan gedung megah yang nyaman supaya masyarakat tertarik datang dan memanfaatkan bacaan yang ada di sana. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, bersyukur, gedung perpustakaan sudah bisa dimanfaatkan.

“Alhamdulillah, gedung perpustakaan ini sudah jadi dan cukup megah. Dengan adanya gedung ini, semoga perpustakaan mampu mengembangkan inovasi dan kreativitasnya,” ungkap Dewanti.

Baca Juga  Top! Kabupaten Blitar Sukes Pertahakan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Banyak harapan Dewanti agar masyarakat datang ke perpustakaan. “Semoga masyarakat lebih banyak  yang datang ke perpustakaan,” harap Dewanti.

Dalam perpustakaan itu ada beragam fasilitas yang akan membuat masyarakat nyaman di dalam. Mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa menikmati membaca buku.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, menambahkan pentingnya literasi untuk generasi muda. Perpustakaan saat ini hendaknya tidak ada lagi deretan buku-buku tua.

“Betapa banyak buku yang ada di masyarakat yang butuh untuk diimplementasikan. Tugas kita saat ini adalah mencerdaskaan kehidupan anak bangsa, mensejahterahkan anak bangsa, melindungi NKRI dan melaksanakan ketertiban dunia,” ujar Syarif.

Syarif menambahkan, perpustaakan saat ini akan diisi teori ilmu perpustakaan abad 18 sebanyak 10 persen, teori ilmu perpustakaan yang tumbuh pesat pada abad 19 sebanyak 20 persen dan teori ilmu perpustakaan yang relevan saat ini sebanyak 70 persen.

Baca Juga  Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dispersip Pemkab Blitar Sinergi dengan Stakeholder



Irsya Richa