JATIMTIMES – Pucuk pimpinan DPRD Trenggalek kembali menggelar rapat kerja internal. Kali ini rapat pimpinan turut melibatkan perwakilan alat kelengkapan dewan (AKD) lengkap bersama masing-masing pendampingnya. 

Dijelaskan Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam, rapim kali ini membahas tentang evaluasi pelaksanaan APBD tahun 2022. Menurut dia, legislatif harus kembali memaksilkan peran pengawasan terhadap masing-masing OPD pengguna anggaran.

“Kami tadi membahas evaluasi pelaksanaan APBD tahun 2022 sampai sekarang serapannya seperti apa. Ini yang akan kita gunakan menjadi tolak ukur untuk mengevaluasi kinerja dari bulan ke bulan sampai penghujung tahun 2022,” ucapnya usai pimpin rapat, Rabu (2/2/2022).

Politisi yang masih aktif di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini  juga mendorong fungsi pengawasan DPRD dalam rangka kewenangan terhadap APBD tahun 2022. Menurut Samsul, semua harus sudah tersiapkan agar  penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tidak keteteran.

Baca Juga  Menerka Arah Politik Habib Rizieq di Pemilu 2024, Bakal Dukung Siapa?

“Kita dorong fungsi pengawasan DPRD. Pasalnya, dalam waktu dekat kita sudah harus membahas musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Nantinya kita turut melibatkan seluruh komisi untuk ikut mengawal aspirasi ke eksekutif,” tambahnya.

Menurut ketua DPRD Trenggalek, pengawalan aspirasi dalam musrenbang sangatlah penting. Mengingat akibat pandemi covid-19, hasil musrenbang dua tahun terakhir belum bisa terealisasi semua. Oleh karena itu, target Samsul, tahun 2023 harus ada yang teralisasi. 

“Oleh karena itu kita dorong agar yang belum terealisasikan di dua tahun belakangan ini supaya bisa dianggarkan pada tahun 2023,” tandasnya.

Ketua DPRD Trenggalek juga minta maksimalkan fungsi pengawasan, fungsi kontrol, dan fungsi penganggaran dewan. Pihaknya juga minta kepada masing-masing komisi mendalami kendala pelaksanaan APBD. 

Baca Juga  Kurang 5 Hari, 18 Parpol Sudah Daftar, 5 Partai Diminta Lengkapi Berkas

“Nanti kita tunggu, biar dicari oleh para komisi. Jika ada kendala yang krusial nanti kita rapatkan lagi bersama pimpinan, yakn bupati. Paling tidak satu bulan lagi kita agendakan rapat lagi,” pungkas Samsul.



Ganez Radisa Yuniansyah