Filsuf Indonesia, Dr Karlina: Tanaman Tumbuh Cepat Jika Dibacakan Alquran

INDONESIAONLINE – Saat memberikan materi kuliah di Universitas Katolik, Filsuf Dr Karlina Supelli MSc membeberkan satu fakta menarik. Dimana Dia menunjukkan hasil riset siswa bahwa tanaman ternyata bisa tumbuh lebih cepat apabila diperdengarkan atau dibacakan ayat-ayat Alquran. 

“(hasil) ini adalah sebuah penelitian yang mengharukan bagi seorang siswa sekolah menengah,” kata Astronomer Perempuan Pertama dari Indonesia, dilansir TikTok @norcha850090***. 

Karlina lantas membacakan saran dari penelitian siswa tersebut. Dimana jika ingin mendapatkan pertumbuhan yang lebih baik terhadap sebuah tanaman terutama kacang hijau, maka bacakanlah Alquran.

“Karena memang Alquran mampu memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Sama saja seperti pengaruh Alquran terhadap manusia. Karena memang Alquran lah nikmat bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya dan alam semesta,” jelas Karlina.

Lebih lanjut, Karlina juga membeberkan perbandingan riset data mahasiswa. Dimana mahasiswa tersebut melihat respons sebuah tanaman jika diperdengarkan beberapa jenis musik yang berbeda. Yakni musik klasik, dangdut dan rock. 

Dari hasil penelitian mahasiswa dari Jawa Tengah dan Jawa Timur itu menghasilkan satu kesimpulan. Yakni ada pengaruh pertumbuhan ayat-ayat Al Quran terhadap laju pertumbuhan tanaman. Bahkan tiga penelitian mahasiswa yang diulang-ulang ini tetap saja menunjukkan pertumbuhan yang positif atau lebih cepat dibandingkan dengan jenis musik lainnya. 

Yang menarik dari kesimpulan penelitian mahasiswa tersebut bahwa frekuensi berbeda menimbulkan perubahan berbeda pada laju pertumbuhan. 

Dimana musik klasik mengalami pertumbuhan yang rendah, sementara musik dangdut lebih rendah lagi, dan yang rock hampir tidak ada pertumbuhan.

“Ini data jadi tidak bisa kita bantah,” tegas Karlina. 

“Karena tanaman memiliki kecerdasan spiritual. Musik klasik tidak melatih kecerdasan spritual seperti kitab suci telah dibuktikan oleh seorang ilmuwan bahwa tumbuhan itu bertasbih,” imbuhnya.

AlQuranCepatDibacakanFilsufIndonesiaJikaKarlinaTanamanTumbuh