JATIMTIMES – Cek kesiapan menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Jember tidak hanya dilakukan di gereja tapi, juga di pusat keramaian. Forkopimda Kabupaten Jember melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah fasilitas umum dan pusat keramaian seperti Stasiun, Terminal dan Mal, Selasa (21/12/2021).

 Sidak dipimpin langsung Bupati Jember H. Hendy Siswanto, Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Batara C Pangaribuan, Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin.

Dalam sidak di beberapa fasum dan pusat keramaian, Forkopimda Jember melihat fasum dan pusat keramaian sudah terpenuhi Sarana dan Prasarana Protokol Kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan, aplikasi PeduliLindungi, serta penerapan protokol kesehatan lainnya.

“Alhamdulillah Stasiun dan Mal di Jember sudah memiliki sarana dan prasarana yang menunjang protokol kesehatan, saya berharap tidak sekedar menjadi pajangan saja, tapi benar benar diterapkan saat ada pengunjung atau penumpang, sehingga pencegahan penyebaran covid benar benar dijalankan di sini (Jember, red),” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto.

Baca Juga  Prof Rhenald Kasali Bahas Orang Kaya Bohongan Suka Pamer, Gilang Juragan 99 Masuk Kategori

Selain Stasiun dan Mall, jajaran Forkopimda Jember juga melakukan pengecekan pengamanan gereja, tidak hanya tentang sarana protokol kesehatan, sarana pengamanan seperti alat metal detector juga dicek, hal ini untuk mengantisipasi adanya oknum oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha membuat situasi Jember tidak kondusif.

Hal ini disampaikan Kapolres disela sela sidak bersama dengan Forkopimda Jember saat ditanya terkait persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru. “Sejauh ini, pengamanan di tempat tempat ibadah sudah cukup mumpuni, namun meski demikian kita tidak boleh lengah, situasi kondusif di Jember harus tetap terjaga, dan kami dari TNI dan Polri akan mengawal pengamanan ini dengan menempatkan pasukan di seluruh gereja, sehingga bisa memberikan rasa nyaman kepada jemaat yang sedang menjalankan ibadah natal,” ujar Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin yang ikut dalam sidak tersebut.

Baca Juga  Garuda Tunda Penerbangan gegara Layang-Layang Nyangkut di Sayap Pesawat

Sidak ini sendiri juga diikuti oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Jember, seperti Kabag Ops Kompol Moch. Thoha, Kasat Samapta AKP. Eko Basuki T, Kasatlantas AKP. Enggar Laufria, Kasatpol PP Pemkab Jember M. Faruk dan Kepala Bakesbangpol Drs. Edy B Susilo. (*)



Moh. Ali Mahrus