I Made Cahyana Negara, Ketua DPRD kabupaten Banyuwangi saat menghadiri tasyakuran HPN ke-76 di kantor salah satu media Banyuwangi (Foto: Nurhadi Banyuwangi/JatimTIMES).

JATIMTIMES – Sebagai pilar keempat demokrasi Indonesia, peran pers dinilai amat penting. Terutama di era keterbukan seperti sekarang. Di mana pers dituntut untuk tetap mengutamakan persatuan, kesatuan dan kesejahteraan rakyat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh I Made Cahyana Negara, Ketua DPRD Banyuwangi dalam tasyakuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 yang digelar oleh komunitas Wartawan yang tergabung dalam KOMA VISION (Koran Majalah Televisi dan Online) Banyuwangi pada Rabu (09/02/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Made memberikan ucapan selamat kepada insan pers memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-76. Perjalanan yang  cukup panjang dalam mewarnai proses pembanguan di Indonesia.

Selanjutnya, Politisi PDI Perjuangan Banyuwangi itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua insan pers Banyuwangi yang selama ini bersinergi dan bekerjasama dalam membangun dan memajukan Banyuwangi.

Baca Juga  Polres Jember Berikan Trauma Healing pada Korban Kerusuhan Silo

Made menuturkan, keberadaan pers sebagai pilar keempat demokrasi bersama eksekutif, legislatif dan yudikatif, pers memiliki peran penting dalam melakukan kontrol yang kritis konstruktif dan solutif.

“Ke depan kami berharap pers mampu menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dengan tetap memegang teguh prinsip dan etika jurnlistik yang independen bertanggung jawab dan profesional,” jelas Made.

Selanjutnya dia berharap sinergitas dan jalinan kemitraan antara insan pers dengan stakeholder di Banyuwangi bisa terjaga dan terpelihara dengan baik bahkan semakin meningkat dalam membangun Banyuwangi yang lebih baik.



Nurhadi Joyo