Petugas saat membersihkan material longsor. (Foto: istimewa)

INDONESIAONLINE – Tanah longsor kembali melanda Jalan Trunojoyo (Payung 3), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Longsor dipicu hujan dengan intensitas tinggi, Rabu (9/2/2022).

Kepala Pelaksanaan Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi selama tiga hari di Kota Batu mulai 7-9 Februari 2022 menyebabkan tanah menjadi labil di kawasan tersebut.

Baca Juga : Pelancong Viral Sepelekan Covid-19 Beri Klarifikasi, Polresta Malang Kota Tetap Tunggu Kehadirannya 

 

“Karena kondisi tanah yang labil mengakibatkan tanah longsor berupa material tanah disertai pohon,” ungkap Agung. Pohok yang tumbang dengan diameter pohon 40 centimeter dan tinggi 6 meter.

Baca Juga  Pasca Erupsi Semeru, Macan Kumbang Terekam CCTV  Relawan di Curah Kobokan

Pohon yang tumbang langsung menutup sebagian jalan, mendapati informasi dari masyarakat tim gabungan langsung melakukan pembersihan di lokasi kejadian. “Arus lalu lintas terganggu karena material longsor menutup jalan,” tambah Agung.

Tim pun langsung memotong material pohon. Dan membersihan material longsor. Serta penyemprotan jalan dari material longsor yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Akibat dari kejadian ini, saluran air pada warung Basuki terputus. Agung pun mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati melintasi jalur tersebut saat cuaca hujan disertai angin kencang.

Baca Juga : Bupati Gresik Gus Yani Terima Penghargaan Kepala Daerah Inisiator Olahraga 

 

“Mengingat jalur terdebut merupakan kawasan yang rawan longsor. Sehingga kami minta berhati-hati,” imbau Agung.

Baca Juga  Jl Panglima Sudirman Ditutup Ada Karnaval 1000 Bantengan Nuswantara, Polres Batu Siapkan Rekayasa Lalin



Irsya Richa