INDONESIAONLINE – Akibat hujan lebat yang turun dengan intensitas tinggi, sisa material tanah di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, mengalami longsor susulan pada  Kamis (2/3/2023).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menyebutkan, longsor susulan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. 

“Tadi saat hujan sempat terpantau (longsor susulan) di Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Pujon,” ungkap Sadono. 

Guguran longsor susulan pun sempat turun dengan kencang. Saat kondisi tersebut, akses jalan masih dapat dilalui, namun terlalu berbahaya untuk kendaraan. Pasalnya, jalan terlalu licin akibat sisa material tanah yang longsor.

sekitar pukul 17.30 WIB hujan di kawasan Desa Sukomulyo   sudah mulai reda dan longsor susulan pun mulai berhenti. “Yang di Kedungrejo, Sukomulyo, sudah aman, karena sudah nggak hujan,” ujar Sadono. 

Baca Juga  Harga Emas Batangan di Pegadaian Turun, Simak Updatenya di Sini!

Lebih lanjut, petugas BPBD Kabupaten Malang dibantu oleh masyarakat sekitar langsung melakukan pembersihan area longsor susulan. Hal itu untuk mencegah jalanan yang licin karena sisa material tanah saat longsor susulan.  “Kami mulai melakukan pembersihan dibantu oleh masyarakat,” kata Sadono. 

Sadono menambahkan,  kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor sudah dapat melintas kawasan tersebut, tetapi harus sangat berhati-hati karena material tanah masih tersisa. “Jalur sudah terbuka, terbuka,” imbuh Sadono.

Namun, pihaknya tetap mengimbau kepada pengendara dan masyarakat agar waspada ketika melintasi lokasi longsor di Desa Sukomulyo. Pasalnya, potensi longsor susulan masih bisa terjadi ketika hujan deras turun. 

Sementara itu, sebelumnya dari pantauan JatimTIMES.com, longsor susulan sempat terjadi sekitar satu jam setengah. Alhasil, kendaraan di jalur Malang-Kediri yang melintas dialihkan menuju jembatan Desa Sukomulyo.

Baca Juga  MPM Honda Jatim Gencarkan Kampanye Cari Aman di Jalur Rawan Blackspot

Skema peralihan lalu lintas yang dilakukan ini sama seperti yang diterapkan pada Rabu (1/3/2023). Yakni usai masuk ke Jembatan Desa Sukomulyo, lalu mengarah ke Dusun Cukal, kemudian Dusun Dadapan Etan, hingga sampai Dusun Dadapan Kulon. Sesampainya di Dusun Dadapan Kulon, pengendara bisa melanjutkan perjalanan.