Olahraga

Indonesia Bakal Lolos Olimpiade karena Guinea Palsukan Umur Pemain? Ini Faktanya

18
×

Indonesia Bakal Lolos Olimpiade karena Guinea Palsukan Umur Pemain? Ini Faktanya

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Media sosial lagi ramai membahas dugaan pemalsuan umur salah satu pemain Timnas Guinea U-23. Netizen Indonesia bahkan menyatakan Timnas Indonesia U-23 akan lolos ke Olimpiade Paris 2024 karena pemalsuan umur pemain Guinea.

Seperti diketahui, Indonesia U-23 gagal menembus Olimpiade Paris setelah dikalahkan Guinea U-23 pada babak play off. Indonesia kalah 1-0 di Paris Kamis 9 April 2024 kemarin.

Pemain Guinea U-23 yang ramai disebut memalsukan umur adalah Alseny Soumah. Dia dikatakan sudah berusia 25 tahun sehingga tidak boleh memperkuat tim U-23.

Lantas, apa benar Guinea U-23 melakukan pemalsuan umur?  Di skuad Guinea U-23 saat ini memang terdaftar nama Alseny Soumah. Alseny lahir di Conakry, Guinea, pada 1 Januari 2001 (23 tahun).

Secara regulasi, Alseny Soumah masih diizinkan bermain di tim-23 karena batas maksimal yang tampil di play off maupun Olimpiade Paris 2024 adalah kelahiran 1 Januari 2001.

Lalu, siapa Alseny Soumah yang berusia 25 tahun?Memang ada pesepak bola  Guinea bernama Alseny Soumah yang kini berusia 25 tahun.

Baca  Tanpa Sang Kapten, Indonesia U-23 Bertekad Rebut Tiket Olimpiade Paris

Namun, Alseny yang berumur 25 tahun berbeda dengan Alseny yang kini menghuni skuad Timnas Guinea U-23. Alseny  25 tahun kini memperkuat klub lokal Guinea, Kaloum. Sementara, Alseny  yang membela  Guinea U-23 membela klub Guinea lainnya, Horoya.

Jadi, tidak benar ada kasus pemalsuan umur di Timnas Guinea U-23. Negara Afrika itu tetap dinyatakan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Di olimpiade nanti, Guinea tergabung di grup A bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. (red/hel)