JATIMTIMES – Dalam menjalankan tugas dan kewajiban jurnalistik, wartawan harus mampu menjaga independensi dan bersikap kritis solutif.

Pernyataan tersebut disampaikan Lutfil Hakim, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim), dalam acara pelantikan pengurus PWI Banyuwangi masa bakti 2020 -2023 di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Sabtu (5/02/2022).

Lutfil Hakim juga menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota PWI, khususnya di Kabupaten Banyuwangi, agar mampu berkontribusi kepada daerah dengan menyampaikan informasi dan berita yang kredibel serta benar-benar menunjukkan kebenaran.

“Saya berharap kepada teman -teman pers untuk meningkatkan kompetensi dan menjunjung tinggi kode etik junalistik dalam menyajikan berita maupun informasi kepada masyarakat , “ ucapnya.

Selain itu, alumni FISIP Universitas Jember itu juga meminta anggota PWI terus meningkatkan kompetensi di bidang-bidang lain, khususnya menyongsong era digital yang semakin pesat perkembangannya.

Baca Juga  Guru Bunuh Diri Bersama Keluarga di Malang Diduga karena Terlilit Hutang

Sementara pengurus PWI Banyuwangi yang dilantik pada Sabtu 5 Februari 2022 sebetulnya hasil musyawarah cabang PWI  pada 2020 lalu. Namun setelah pemilihan pengurus PWI Banyuwangi, tidak bisa dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan karena terhalang pandemi covid-19.

“Hampir dua tahun terpilih baru sekarang dapat dilantik. Itu semua karena PWI menghormati dan mendukung pemerintah dalam  menerapkan kebijakan penanganan covid-19,” ujar Syaifudin Mahmud, ketua PWI Banyuwangi.

Sedangkan  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan ucapan terima kasih kepada PWI yang telah memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengingatkan pandemi telah memberikan dampak negatif  yang luar biasa bagi semua sendi kehidupan masyarakat. “Sehingga pasca-pandemi semua elemen diharapkan untuk mengambil langkah luar biasa inovasi, bersama-sama dan bergotong royong mencapai hasil yang lebih baik,” jelas Ipuk.

Baca Juga  Ketua PWNU Jatim Apresiasi Ketegasan Kapolri di Kasus Kematian Brigadir J

Rangkaian acara pelantikan pengurus PWI Banyuwangi diawali pemberian santunan anak yatim. Kemudian dilanjutkan   dengan talk Slshow dengan mengambil tema Peran PWI dalam Mendorong Suksesnya Banyuwangi Rebound dan penganugerahan kepada 20 tokoh yang dinilai memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan dan kemajuan Banyuwangi.

Adapun narasumber acara talk show tersebut adalah Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Andang Subahariyanto, Rektor Untag Banyuwangi; Kombespol Nasrun Pasaribu, kapolresta Banyuwangi; dan Lutfil Hakim, ketua PWI Jatim. Moderator adalah Samsudin Adlawi, peenasihat PWI Banyuwangi.

Hadir dalam pelantikan pengurus PWI Banyuwangi antara lain pengurus PWI Jatim, bupati bersama Forkopimda Banyuwangi, beberapa pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus partai politik, perwakilan IJTI dan seniman budayawan serta beberapa undangan lain.



Nurhadi Joyo