INDONESIAONLINE – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar mengumumkan persiapan pembukaan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan Desa Serang-Tambakrejo untuk para pemudik lokal pada libur Lebaran 2024. Jalur ini diprediksi menjadi salah satu favorit dengan estimasi ratusan kendaraan yang akan melintas.

“JLS di Blitar ini kan belum nyambung seratus persen, hanya yang Serang-Tambakrejo saja yang sudah tersambung dan itu akan dibuka normal,” ungkap Agus Santosa, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Selasa (26/3/2024).

JLS Serang-Tambakrejo menawarkan panorama eksotis dengan laut Selatan Jawa sebagai pemandangan utama. Keindahan alam ini diyakini menjadi daya tarik utama bagi para pemudik lokal yang ingin menikmati perjalanan mudik mereka.

Tak hanya itu, jalur ini juga merupakan akses tercepat untuk menuju desa-desa di pesisir selatan Kabupaten Blitar. Beroperasinya JLS ini diharapkan dapat menghemat waktu tempuh para pengendara.

Baca Juga  Diresmikan Dewanti, Kota Batu Akhirnya Miliki Perpustkaan Umum Megah di Kawasan Alun-Alun Kota Batu

Sebelumnya, perjalanan dari Serang menuju Tambakrejo memakan waktu berjam-jam, namun dengan adanya JLS, perjalanan tersebut hanya memakan waktu 10 menit saja.

Meskipun menawarkan kemudahan dan keindahan alam, JLS Serang-Tambakrejo juga memiliki potensi bahaya, terutama saat malam hari.

Saat ini, jalur tersebut masih belum dilengkapi dengan penerangan jalan yang memadai. Hal ini menjadi keprihatinan bagi pengguna jalan, mengingat area sekitar jalur masih dihuni oleh hutan belantara.

“Hingga kini belum ada penerangan jalan, itu kewenangan dari Pusat ya, kami hanya sebatas pengamanan saja. Nah, dalam konteks ini, Dishub Kabupaten Blitar berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan mengantisipasi gangguan di jalur tersebut dengan menerjunkan puluhan petugas untuk melakukan patroli secara berkala,” terang Agus.

Baca Juga  DPUPRPKP Kota Malang Siap Bedah 185 Rumah Tak Layak Huni

Imbauan untuk Pengguna Jalan

Agus menyampaikan, pengguna jalan yang berencana menggunakan JLS Serang-Tambakrejo diimbau untuk memilih waktu perjalanan pada siang hari guna meminimalkan risiko kecelakaan atau tindak kriminal. Keselamatan para pemudik tetap menjadi prioritas utama.

“Kami mengimbau kepada para pengguna jalan yang berencana menggunakan JLS Serang-Tambakrejo untuk memilih waktu perjalanan pada siang hari guna meminimalkan risiko kecelakaan atau tindak kriminal. Keselamatan para pemudik tetap menjadi prioritas utama bagi kami,” pungkas Agus Santosa.