INDONESIAONLINE – Sejumlah lokasi di luar negeri sudah mulai melakukan pencoblosan untuk Pemilu RI sejak 5 Februari 2024 lalu. Meski demikian, waktu penghitungan suara di luar negeri dilakukan bersamaan dengan dalam negeri, yakni pada 14 Februari 2024, setelah waktu pencoblosan ditutup pada pukul 13.00 WIB.

Adapun, jadwal dan lokasi pemungutan suara di luar negeri Pemilu 2024, yakni:

– 5 Februari 2024: Hanoi dan Ho Chi Minh City.

– 6 Februari 2024: Panama City

– 8 Februari 2024: Teheran

– 9 Februari 2024: Amman, Baghdad, Dhaka, Doha, Jeddah, Khartoum, Kepulauan Seychelles, Kuwait City, Manama, Muscat, Riyadh, dan Sana’a.

– 10 Februari 2024: Abu Dhabi, Abuja, Alger, Berlin, Bern, Bogota, Brasilia-DF, Bratislava, Brussel, Budapest, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar, Damaskus, Darwin, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Kairo, Kopenhagen, Kyiev, Lima, Lisbon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Moskow, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quito, San Francisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa, Washington D.C, Wellington, Wina, Windhoek, dan Zagreb.

Baca Juga  5.111 Polisi Amankan Kampanye Akbar di JIS dan GBK

– 11 Februari 2024: Addis Ababa, Ankara, Athena, Baku, Bandar Seri Begawan, Bangkok, Beirut, Beograd, Bucharest, Dar Es Salaam, Davao City, Dili, Harare, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, London, Madrid, Manila, Noumea, Osaka, Paramaribo, Penang, Port Moresby, Rabat, Roma, Santiago, Singapura, Songkhla, Tawau, Tokyo, Tunis, dan Yangon.

– 13 Februari 2024: Hong Kong

– 14 Februari 2024: Astana, Madagaskar, Beijing, Guangzhou, Shanghai, Taipei, dan Vanimo.

Terkait dengan pelaksanaannya, luar negeri mengutaman kejujuran dan juga Pemilu sehat. Dimana, saat surat suara yang lebih langsung dimusnahkan agar tidak salah dipergunakan.

Hal itu diketahui dari unggahan akun Tiktok @salman.barber12. “Pemusnahan sisa surat suara Jeddah #capres2024,” tulis kerangan video, dikutip Minggu, (11/2/2024).

Dalam video itu terlihat deretan kotak berisi surat suara yang berisi gambar para pasangan calon presiden 2024, mulai dari Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran hingga Ganjar-Mahfud.

Sementara dalam video dijelaskan oleh perekam jika surat suara itu merupakan surat suara sisa dan hendak dimusnahkan.

“Pemusnahan, Pemusnahan sisa sisa surat suara,” ungkapnya.

Baca Juga  KPU Ubah Jadwal Pencoblosan di Jeddah, Jadi 9 Februari

Lalu, pria dalam video berharap untuk Indonesia melakukan hal yang serupa saat hari pencoblosan serentak tiba.

“Mudah-mudahan untuk tanggal 14 yang di Indonesia, mudah-mudahan sama kayak gini. Jadi sisa surat suara yang gak dicoblos harus dimusnahkan,” ucap pria dalam video.

Lebih lanjut, perekam video menanyakan tujuan dari pemusnahan surat suara itu pada rekannya yang tengah menyiram kotak yang berisi surat suara.

“Biar apa ini bos?,” tanyanya.

“Biar gak ditumpuk di gudang, biar gak disalahgunakan untuk di TPS nanti,”

“Petugasnya nanti yang disalahkan kayak kita ini,” jawab rekan perekam video.

Video tersebut lantas viral dan mendapat sorotan netizen. Tak sedikit menduga jika para panitia pencoblosan di Jeddah tersebut berasal dari Madura.

“kayaknya orang Madura semua,” tulis @sherif***.

“Dimana ada madura disitu ada kejujuran,” tulis @Aksara***.

Sementara warganet lainnya mempertanyakan mengapa surat suara tesebut dimusnahkan dan tidak dikembalikan ke KPU.

“kok di musnahkan begitu kan harusnya di kembalikan ke KPU dan semuanya ada datanya jika rusak, tidak sah atau lebih itu pengalaman saya waktu jadi kpps,” tanya @All***.