Anggota Satlantas Polres Gresik ketika menunjukan motor yang menggunakan knalpot brong, Sabtu (18/12/2021). (Foto : Satlantas Polres Gresik for JatimTimes)
Anggota Satlantas Polres Gresik ketika menunjukan motor yang menggunakan knalpot brong, Sabtu (18/12/2021). (Foto : Satlantas Polres Gresik for JatimTimes)

INDONESIAONLINE – Menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru), polisi di Gresik gencar operasi knalpot brong. Alhasil, belasan motor berhasil diamankan di sejumlah lokasi. Total sebanyak 15 kendaraan roda dua diamankan ke Markas Satlantas Polres Gresik. Pasalnya, mayoritas tidak sesuai dengan standar atau spekteknya.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi menyebutkan, operasi knalpot brong dilakukan dengan sistem hunting di sejumlah ruas jalan. Mulai Jalan dr. Wahidin SH, Jalan Veteran, Jalan RA Kartini, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Pahlawan dan sejumlah titik lainnya.

“Patroli knalpot brong ini merupakan upaya preventif dan represif untuk mencegah gangguan kamtibmas dan kecelakaan lalu lintas,” kata Engkos, Sabtu (18/12/2021).

Engkos mengatakan, kendaraan yang memakai knalpot brong langsung ditindak tegas berupa penilangan. Pemilik bisa mengambil kembali motornya jika sudah menjalani sidang. “Juga harus memasang kembali knalpot yang sesuai standarnya,” ungkap perwira tiga balok di pundak tersebut.¬†

Engkos menyatakan, operasi seperti ini akan rutin dilakukan. Apalagi saat menjelang perayaan nataru. Dengan harapan, nataru bisa berjalan dengan kondusif tanpa gangguan apapun. Disebutkan, operasi knalpot juga dilakukan oleh Polsek jajaran. Anggota juga mendatangi bengkel. Meminta agar tidak melayani pemasangan knalpot brong. “Selain tidak standar, suaranya sangat bising dan berpotensi menggangu ketertiban umum,” pungkasnya.



Syaifuddin Anam

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi ¬†Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Kerugian Rp 100 Juta, Kebakaran Pabrik Gula Jawa Nihil Korban

INDONESIAONLINE – Pabrik gula jawa milik Sutrisno (55) di Dusun Karanglo Desa…

Luhut Bisiki Jokowi soal Penyedia Tetap Makanan Prajurit TNI

INDONESIAONLINE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku diberi tahu oleh Menteri Koordinator…

Open BO, 6 Perempuan Kena Razia Pekat, 3 Masih Layani Tamu

INDONESIAONLINE – Enam wanita terpaksa diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)…