Kemendikbud Beber Tips Jaga Keamanan selama UTBK-SNBT

INDONESIAONLINE – Ujian Tertulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasar Tes (UTBK-SNBT)  mulai digelar dalam dua gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan pada 30 April dan 2 sampai 7 Mei 2024. Sedangkan pelaksanaan UTBK gelombang 2 berlangsung 14 sampai 20 Mei 2024. Itu artinya SNBT gelombang 1 hari pertama telah berlangsung.

Selain persiapan belajar, calon peserta UTBK-SNBT juga harus mempersiapkan hal lain agar pelaksanaan tes berlangsung lancar. Panitia UTBK-SNBT merilis beberapa aturan yang perlu diperhatikan sebelum, selama dan sesudah tes.

“SNPMB BPPP mengimbau seluruh peserta UTBK-SNBT 2024 untuk menjaga keamanan diri dan kondusifitas selama tes berlangsung. Pastikan peserta membaca dan memahami poin-poin di atas demi kelancaran proses sebelum hingga setelah UTBK dilaksanakan. Tetap semangat dan selamat berjuang, Calon Mahasiswa Indonesia!,” tulis keterangan akun resmi panitia SNPMB BPPP @_snpmbppp.

Berikut ini persiapan yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan UTBK-SNBT:

1. Peserta diperbolehkan melakukan surveil tempat setelah mengetahui area lokasi tes.

2. Tetap waspada, jangan sembarangan menerima ajakan orang asing.

3. Jika peserta harus menginap di akomodasi sekitar tempat tes, pastikan peserta tinggal dengan keluarga atau teman yang sudah berkenalan sebelumnya.

4. Kenali jalur menuju tempat tes dengan baik.

5. Pahami transportasi yang akan digunakan, titik turun, hingga pos keamanan terdekat.

Setelah melakukan persiapan, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat tes UTBK-SNBT berlangsung:

1. Peserta wajib menjaga barang bawaan pribadi dengan hati-hati. Termasuk mengamankan dokumen peserta yang wajib dibawa dan barang berharga lainnya.

2. Perhatikan dan taati seluruh peraturan UTBK. Jika ada pertanyaan, langsung hubungi panitia resmi UTBK di lokasi.

3. Jangan tergiur dengan klaim bocoran soal dan kunci jawaban yang beredar. Panitia UTBK akan menindak tegas segala bentuk kecurangan dengan sanksi yang berlaku.

Usai memperhatikan hal-hal selama ujian, maka yang perlu diperhatikan adalah pasca tes. Berikut ini aturan setelah pelaksanaan UTBK-SNBT.

1. Pastikan seluruh dokumen dan barang berharga tidak tertinggal dan terjatuh.

2. Segera keluar dari area UTBK untuk menghindari penumpukan dan kemacetan.

3. Jangan memberikan informasi dalam bentuk apapun kepada siapapun terkait tes yang telah dilaksanakan. (bin/hel)