Dinkes Kota Kediri Ajak ASN Ukur Kebugaran Jasmani

 INDONESIAONLINESejak merebaknya Covid 19 kita dituntut untuk meningkatkan imunitas tubuh, sebagai upaya pencegahan dan penularan berbagai virus serta penyakit. Olahraga yang teratur dan terukur dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk selalu menjaga kebugaran serta meningkatkan imunitas.

Kementerian Kesehatan Indonesia juga telah meluncurkan sebuah aplikasi Pengukuran Kebugaran Jasmani Mandiri bernama SIPGAR untuk membantu masyarakat menjaga kebugaran di masa pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan, Fauzan Adima menuturkan bahwa Kemenkes telah menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi dan Daerah untuk mensosialisasikan aplikasi SIPGAR kepada ASN dan masyarakat, seperti yang dilakukan Dinkes Kota Kediri hari ini, Rabu (3/4) di salah satu hotel.

“Aplikasi SIPGAR dikembangkan pada tahun 2020 oleh Kemenkes RI. Dan saat ini sedang digalakkan penggunaannya dengan sosialisasi di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kota Kediri,”ujarnya saat dihubungi melalui whatsapp.

 

Fauzan juga menjelaskan bahwa adanya kegiatan sosiasialisasi ini sebagai upaya meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat khususnya para ASN di lingkungan Pemkot Kediri.

“Aplikasi SIPGAR ini akan memudahkan kita untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani dengan menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fauzan juga menjelaskan, bahwa Aplikasi SIPGAR adalah aplikasi untuk mengukur kebugaran jasmani daya tahan jantung dan paru dengan metode rockpot atau jalan/jogging sekitar jarak tempuh 1,6 km.

“Aplikasi ini secara fungsi mencatat indeks masa tubuh (IMT), dan hasil pemeriksaan faktor resiko seperti tekanan darah, kadar gula darah dan kadar kolesterol,”terangnya.

Dengan penggunaan aplikasi SIPGAR, Fauzan yakin bahwa kualitas kesehatan dan kebugaran jasmani ASN dan masyarakat Kota Kediri bisa semakin baik. Ia berharap agar para peserta sosialisasi yaitu ASN di lingkup Pemkot Kediri dapat menerapkan penggunaan aplikasi kebugaran jasmani di masing-masing satuan kerja. Adapun peserta pada sosialisasi ini yaitu perwakilan OPD dan Puskesmas di Kota Kediri. 

Perlu diketahui bersama, bahwa masyarakat ataupun ASN dapat menggunakan Aplikasi SIPGAR dengan mendownloadnya di playstore smarphone masing-masing melalui pembuatan akun terlebih dahulu.

Kemudian, sistematika penggunaan Aplikasi SIPGAR meliputi pendaftaran, login, pengisian data pribadi, PARQ, pemilihan metode pengukuran, melakukan tes kebugaran, melihat hasil dan intervensi hasil kebugaran.

You May Also Like

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…