INDONESIAONLINE – Dua orang jemaah haji asal Kabupaten Bondowoso Jawa Timur pulang terpaksa pulang lebih awal karena sakit. Keduanya adalah Sri Hidayati dan Budi Suhartono, warga Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Bondowoso.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan, Pemkab Bondowoso, Suharto, sejatinya jemaah Bondowoso harusnya tiba di Bondowoso pada 6 Agustus 2022 mendatang. Namun, karena faktor kesehatan akhirnya ke duanya pulang lebih awal. Bahkan, keduanya sudah tiba di Bondowoso sejak Minggu, 30 Juli 2022 kemarin.

“Tapi semua ibadah haji sudah tuntas dilaksanakan oleh dua jemaah haji ini,”  jelasnya dikonfirmasi Selasa (2/8/2022).

Ditambahkan oleh, Suharyono, Kasi Penyelenggaraan Umroh dan Haji, Kemenag Bondowoso, bahwa ke dua jamaah haji ini telah mengantongi surat tanazul awal dari Kantor Urusan Haji RI di Makkah. “Yang sakit Pak Budi Suhartono, istrinya juga ikut pulang untuk merawatnya,” jelasnya.

Baca Juga  Mario Tak Hanya Jadi Tersangka, Pelaku Penganiayaan Anak Pengurus Ansor Ini Juga Di-DO Kampus 

Ia menerangkan, ke dua’nya telah selesai menyelenggarakan ibadah hajinya. Namun, pihaknya mensafari wukufkan, dan untuk lempar jumrohnya diwakili olehnya. “Sudah hari minggu kemarin, landing jam 18.45 WIB Dijemput ambulans dan mobil dari Kesra Pemkab,” urainya.

Ia menerangkan, dengan begitu maka nantinya jumlah jemaah haji asal Bondowoso yang akan pulang bersamaan pada 6 Agustus 2022, ada 311 orang. “Jumlah total awal dengan petugas 314 orang, kemudian satu orang meninggal, dua orang tanazul awal, jadi sisa 311 orang,” pungkasnya.