Serba Serbi

Kota-Kota Mati yang Jadi Destinasi Wisata

14
×

Kota-Kota Mati yang Jadi Destinasi Wisata

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Pernahkah Anda membayangkan bagaimana suasana kota yang ditinggalkan oleh seluruh penghuninya? Di berbagai penjuru dunia, berdiri sunyi kota-kota mati yang menyimpan cerita kelam maupun kejayaan masa lampau. Kini, kota-kota mati tersebut jadi salah satu magnet bagi para wisatawan untuk mendatanginya.

Kota-kota mati mana saja yang kini menjelma jadi destinasi wisata? indonesiaonline.co.id merangkumnya dari berbagai sumber.

1. Kota Bodie, California

Dahulu, kota ini dipenuhi para penambang emas yang berdatangan sejak tahun 1876. Namun, seiring habisnya sumber daya emas, para penduduk pun perlahan meninggalkan Bodie.

Kini, kota tersebut menjadi kota hantu yang sunyi, namun menarik wisatawan yang ingin melihat sisa-sisa bangunan dan merasakan suasana masa lalu para penambang.

2. Kota Pripyat, Ukraina

Dulunya, kota ini merupakan rumah bagi para pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. Tragedi meledaknya reaktor nuklir pada 1986 memaksa evakuasi seluruh penduduk.

Pripyat kini menjadi kota mati yang sunyi, dipenuhi bangunan-bangunan terkontaminasi radiasi, menjadi monumen mengerikan dari bencana nuklir terburuk sepanjang sejarah.

Baca  Masjid Agung Sheikh Zayed: Mahakarya Arsitektur Islam di Abu Dhabi

Pripyat menjadi zona terlarang, namun wisata ekstrem ke kota ini diawasi dengan ketat. Pengunjung dapat melihat sisa-sisa kehidupan sebelum bencana, seperti taman bermain, sekolah, dan rumah sakit yang ditinggalkan.

3. Pulau Hashima, Jepang

Awalnya merupakan tambang batu bara bawah laut yang ramai. Setelah ditutup pada 1974, pulau ini menjadi terbengkalai. Uniknya, arsitektur bangunannya yang khas kini justru menarik wisatawan yang ingin merasakan pengalaman mengunjungi “pulau hantu ini”.

4. Kota Kolmanskop, Namibia

Terletak di Namibia, Kolmanskop dulunya adalah kota pertambangan berlian yang ramai. Didirikan pada tahun 1908, kota ini berkembang pesat dan menjadi rumah bagi sekitar 700 orang.

Penambangan dihentikan pada tahun 1950-an, dan Kolmanskop pun ditinggalkan. Saat ini, kota ini terkubur di bawah pasir dan menjadi terkenal sebagai “kota hantu berlian”. Wisatawan dapat menjelajahi rumah-rumah yang terbengkalai, sekolah, dan rumah sakit, merasakan atmosfer kota yang sunyi dan dikelilingi pasir.

5. Kota Craco, Italia

Craco terletak di Italia, dulunya adalah kota yang makmur di abad pertengahan. Pada abad ke-15, kota ini dilanda serangkaian bencana alam, termasuk gempa bumi dan penyakit pes.

Baca  Pesona Pantai Banyu Tibo, Menikmati Air Terjun Jatuh ke Hamparan Pasir Putih

Penduduknya pun meninggalkan Craco, dan kota ini menjadi terbengkalai. Legenda dan cerita rakyat seputar kutukan dan hantu menambah daya tarik mistis kota ini. Craco menjadi situs Warisan Dunia UNESCO dan terkenal sebagai lokasi syuting film “The Passion of Christ” (2004)