Pendidikan

Lagi, UIN Maliki Malang Torehkan Prestasi: Kini Giliran UKM Pencak Silat Pagar Nusa

27
×

Lagi, UIN Maliki Malang Torehkan Prestasi: Kini Giliran UKM Pencak Silat Pagar Nusa

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Kembali Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang torehkan prestasi. Kini prestasi tersebut dipersembahkan dari UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Maliki Malang yang berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih gelar juara umum dalam Kejuaraan Pasuruan National Martial Arts 2024.

Kejuaraan bergengsi ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan memperebutkan Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI serta Penjabat (PJ) Bupati Pasuruan 2024.

Berlangsung di GOR Sasana Krida Pasuruan pada 24-26 Mei 2024, para atlet UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Malang menunjukkan kemampuan luar biasa dalam berbagai kategori, yaitu tanding, seni tunggal, seni ganda, dan seni beregu.

Kegigihan dan latihan keras mereka terbayarkan dengan raihan total 9 medali emas, 10 perak, dan 11 perunggu, mengantarkan mereka menjadi juara umum.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. HM. Zainuddin, MA., menyampaikan rasa bangganya atas prestasi membanggakan ini. “Selamat atas prestasi yang diraih! Ini menjadi kebanggaan bagi kita semua,” ungkapnya.

Baca  UIN Maliki Malang Bakal Kerja Sama dengan Universitas Rhode Island AS

Prof Zain- sapaan akrabnya- menekankan bahwa prestasi ini bukan hanya menunjukkan keunggulan akademik mahasiswa, tetapi juga non-akademik, seperti dalam bidang pencak silat.

Lebih lanjut, Prof. Zain menjelaskan bahwa UIN Maliki Malang berkomitmen untuk mengembangkan dan mewadahi kemampuan mahasiswa dalam berbagai bidang, sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pembinaan yang dilakukan melalui kegiatan UKM, termasuk UKM Pencak Silat Pagar Nusa.

Upaya pengembangan dan pembinaan di UIN Maliki Malang tidak hanya terpaku pada bidang sains, tetapi juga seni dan olahraga.

“Kita berharap, dengan berbagai pembinaan yang ada dan juga upaya menjaring bibit-bibit mahasiswa berprestasi dalam penerimaan mahasiswa baru, UIN Maliki Malang diharapkan terus memiliki mahasiswa-mahasiswa potensial dan berprestasi dalam berbagai bidang,” pungkasnya.

Prestasi membanggakan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama UIN Maliki Malang di kancah nasional maupun internasional (as/dnv).