INDONESIAONLINE – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., menyambut kedatangan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PANTARLIH) Pemilu 2024 di Pendopo Wahyawibawagraha pada Kamis (16/2/2023) pagi.

“Para petugas ini bertugas untuk mencocokan data melalui KK dan KTP kami,” papar Bupati Hendy. Tujuannya, untuk dimasukkan ke dalam daftar hak pilih menuju Pemilu 2024.

Seperti Diketahui, Pemkab Jember pada Rabu (15/2/2023) kemarin melakukan sosialisasi bersama KPU, terkait pemutakhiran Data Pemilu 2024 mulai dilaksanakan hari ini dengan menggandeng Dinas Sosial dan Dispendukcapil.

Bupati Hendy bersama keluarga merupakan orang pertama yang didatangi oleh Pantarlih untuk dilakukan Coklit alias pencocokan dan penelitian terkait dengan kesesuaian data sebagai calon pemilih sebelum petugas Pantarlih erkeliling menuju rumah-rumah setiap warga Jember untuk melakukan Coklit.

Menurut bupati, para petugas yang akan hadir ke rumah-rumah memiliki ciri dengan memakai topi dan rompi yang bertuliskan PANTARLIH. Tentunya, disertai dengan tanda pengenal masing-masing.

“Kami mohon kepada warga Jember di 248 desa dan kelurahan. Apabila ada petugas PANTARLIH, bukakan pintu dan dilayani dengan baik ya,” jelasnya. Sebab, lanjutnya, mereka akan memberikan hak pilih setiap warga pada pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember Muhammad Syai’in menuturkan bahwa pelaksanaan pemutakhiran data tersebut bakal digelar hingga 14 Maret. Harapannya, setiap warga Jember dapat bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan itu.

“Ketika para petugas datang, mohon disiapkan KTP dan KK untuk proses pemutakhiran data pemilih,” katanya. Dengan begitu, warga yang telah memenuhi syarat dapat masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Tak sampai di situ, pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Semoga, lanjutnya, pemutakhiran data berlangsung dengan lancar termasuk harapan atas kelancaran berbagai proses menuju Pemilu 2024 nanti.