DLH Lumajang Bersurat ke Bina Marga Propinsi Terkait Kayu Peneduh Jalan

Dra. Hertutik, Kepala DLH Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang resmi mengirim surat ke Dinas PU Bina Marga Jawa Timur di Lumajang terkait kayu peneduh di kanan kiri jalan propinsi.

Kepala DLH Lumajang Dra. Hertutik kepada media ini mengatakan, dalam pekan ini Lumajang beberapa kali terjadi angin kencang yang kemudian menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

“Kita meminta kepada Bina Marga untuk melakukan pemeriksaan terhadap kayu peneduh jalan yang ada di ruas jalan propinsi. Jika memang ada kayu yang kurang sehat, kami sarankan untuk dilakukan penebangan karena sangat rawan tumbang saat angin kencang,” kata Hertutik, hari ini Senin (8/2) di Kantor DLH Lumajang.¬†

Masih kata Hertutik, pemangkasan atau penebangan pohon yang kurang sehat dinilai penting untuk dilakukan, karena saat turun hujan disertai dengan angin kencang, sangat rawan tumbang dan berbahaya bagi pengguna jalan atau bangunan yang ada di ruas jalan tersebut.

“DLH Lumajang sendiri dalam dua hari ini juga terus melakukan inspeksi pohon untuk meminimalisir pohon tumbang akibat angin kencang,” jelas Hertutik kemudian.

Dalam sepekan terakhir ini Lumajang sering dilanda angin kencang dan hujan deras yang menyebabkan pohon tumbang. Salah satu diantaranya menimpa mobil yang diparkir di pinggir jalan dan sebagian yang lain menimpa bangunan milik warga.

“Ada yang keropos dibagian bawah. Dan hari ini kita temukan pohon yang mati. Kemungkinan ini memang sengaja dimatikan dengan menggunakan zat tertentu. Ini yang kita khawatirkan tumbang kalau ada angin kencang,” ujar Hertutik.



Moch. R. Abdul Fatah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Employee Volunteering, BPJS ketenagakerjaan Kediri dan Kanwil Jatim Tanam 10.000 Bibit Mangrove

INDONESIAONLINE¬†– BPJS Ketenagakerjaan Kediri bersama BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim menggelar employee volunteering…

Angkat Ekonomi Warga, Pokmas Gerapat Kelurahan Tlumpu Kota Blitar Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah Melalui Program RT Keren

INDONESIAONLINE-Kreatifitas warga Kelurahan Tlumpu dalam melaksanakan implementasi program RT Keren Non Fisik…