INDONESIAONLINE – Sadewa Natha Radya seorang mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto angkatan 2022, meninggal dunia dalam kegiatan pendakian di Gunung Slamet, Jawa Tengah.

Sadewa merupakan mahasiswa asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Ia merupakan mahasiswa anggota Unit Pandu Lingkungan (UPL) Unsoed yang sedang melaksanakan pendakian wajib di Gunung Slamet.

Meninggalnya Sadewa disebabkan kondisi hipotermia akibat cuaca buruk yang terjadi di luar prediksi saat pendakian. Ia meninggal pada Sabtu, (25/2/2023) dan jenazahnya berhasil dievakuasi pada hari Minggu (26/2).

“Atas terjadinya peristiwa ini, keluarga besar Universitas Jenderal Soedirman menyatakan duka cita yang mendalam dan berdoa semoga almarhum ananda Sadewa Natha Radya husnul khotimah serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan,” kata Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan Noorman Arie Prayogo seperti dikutip Antara, Senin (27/2).

Selanjutnya Noorman mengatakan jika pihaknya dari Bidang Kemahasiswaan mengupayakan yang terbaik di dalam membantu semua keperluan penanganan kepulangan almarhum Sadewa hingga proses pemakamannya.

Ia lalu menilai jika peristiwa yang meninpa Sadewa itu meninggalkan luka yang mendalam bagi teman-temannya di UPL Unsoed.

Noorman juga mengungkap sebelum pendakian dimulai, pihaknya telah berupaya sebaik-baiknya menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan risiko dari kegiatan pendakian, baik pembekalan stamina, pembekalan keterampilan, maupun pengawasan terhadap rute yang dipilih.

Adapun untuk kegiatan pendakian wajib di Gunung Slamet itu dilaksanakan selama tiga hari, 24-26 Februari 2023 melalui jalur Permadi, Guci, Kabupaten Tegal.

Wakil Rektor Unsoed berharap atas kejadian itu bisa menjadi evaluasi khususnya bagi UPL agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Semoga musibah ini dapat menjadi bahan evaluasi dalam kegiatan kemahasiswaan khususnya di UPL Unsoed di masa yang akan datang,” kata Wakil Rektor.

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi ¬†Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Kerugian Rp 100 Juta, Kebakaran Pabrik Gula Jawa Nihil Korban

INDONESIAONLINE – Pabrik gula jawa milik Sutrisno (55) di Dusun Karanglo Desa…

Luhut Bisiki Jokowi soal Penyedia Tetap Makanan Prajurit TNI

INDONESIAONLINE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku diberi tahu oleh Menteri Koordinator…

Open BO, 6 Perempuan Kena Razia Pekat, 3 Masih Layani Tamu

INDONESIAONLINE – Enam wanita terpaksa diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)…