INDONESIAONLINE – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama sang istri Wury Estu Handayani dan rombongan bertolak ke Jepang hari ini. Ma’ruf Amin akan melakukan sejumlah kunjungan kerja bilateral hingga meresmikan Masjid Istiqlal di Osaka.

“Pagi ini Wapres Ma’ruf Amin akan melakukan kunjungan bilateral ke Jepang, kunjungan terbatas. Ada tiga agenda penting yang akan menjadi acara selama berada di Jepang. Pertama adalah pembicaraan-pembicaraan bilateral antara Wapres sebagai pemerintah Indonesia, dan nanti beberapa unsur pemerintahan dari Jepang antara lain adalah gubernur. Kunjungan ini ke Osaka dan ke Kyoto, di dua tempat itu,” kata Jubir Wapres Masduki Baidlowi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (5/3/2023)

Ma’ruf Amin direncanakan akan berada di Jepang selama 5 hari. Sementara, bertolaknya Ma’ruf Amin ke Jepang didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Stafsus Wapres Masyikuri Abdillah, Stafsus Wapres Masduki Baidlowi, dan beberapa lainnya.

Ma’ruf Amin dan rombongan berangkat ke Jepang menggunakan Pesawat Garuda Airbus A330 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, menuju Bandara Internasional Kansai, Osaka pada pukul 08.30 WIB. Ma’ruf Amin akan tiba di Osaka pada pukul 17.30 waktu setempat usai menempuh perjalanan selama 7 jam.

Sesampainya di Osaka, Ma’ruf Amin direncanakan akan disambut oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, Konsul Jenderal RI Osaka Diana Emilla Sari Sutikno, Atase Pertahanan RI Tokyo Kol. (AF) Andi Bur Abadi dan Dubes Tsutomu Himeno.

Lalu pada hari kedua, Senin (06/03/2023) pukul 10.00 waktu setempat (WS), Ma’ruf diagendakan melakukan pertemuan dengan Chairman Ezaki Glico Co di Hotel Imperial.

Lalu pada pukul 14.55 WS, Ma’ruf dan rombongan menuju Masjid Istiqlal Osaka. Dalam acara itu, Ma’ruf akan disambut oleh Ketua Yayasan Masjid Indonesia Osaka yang juga merupakan Imam Masjid Istiqlal. Agenda utama Ma’ruf di lokasi tersebut adalah meresmikan Masjid Istiqlal Osaka.

“Wapres akan meresmikan satu masjid di Jepang, ini adalah satu masjid yang terbesar di Jepang namanya Masjid Istiqlal, juga menjadi kebanggaan warga negara Indonesia yang ada di Jepang. Di samping itu juga ada pembicaraan-pembicaraan dengan masyarakat di Jepang yang ada di Osaka dan Kyoto,” kata Masduki.

Berlanjut pada pukul 19.30 waktu setempat, Ma’ruf diagendakan melakukan Dialog Kebangsaan di Peacock West Room, Hotel Imperial. Dialog Kebangsaan ini merupakan pertemuan antara Ma’ruf dengan para warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Osaka.

Lalu pada hari berikutnya, Selasa (07/03/2023), pukul 10.00 WS Ma’ruf dijadwalkan melakukan pertemuan singkat dengan jajaran Pimpinan Otsuka Foods Co. Ltd di Hotel Imperial. Selanjutnya, pukul 10.30 WS Ma’ruf diagendakan melakukan dialog dengan diaspora produk halal secara virtual.

Masih pada hari yang sama tepatnya di pukul 13.00 Ma’ruf dan rombongan meninggalkan Hotel Imperial Osaka menuju Hotel The Mitsui Kyoto, untuk melakukan serangkaian agenda kegiatan di kota tersebut.

Memasuki hari ketiga, Rabu (08/03/2023), pukul 11.30 WS, Ma’ruf dijadwalkan menerima audiensi Gubernur Kyoto di Kyoto Guest House.

Lalu pada pukul 14.00 WS, Ma’ruf diagendakan memberikan Kuliah Umum di Symposium Hall, Kyoto University. Acara ini akan dihadiri oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Kyoto-Shiga (PPI Kyoto-Shiga), akademisi, perawat, dan kelompok nahdiyyin.

“Wapres akan berbicara dalam satu simposium beliau sebagai keynote speech di Universitas Kyoto, itu adalah Universitas terbaik di Jepang dan Wakil Presiden akan berbicara mengenai pengalaman Indonesia sebagai negara yang plural yang bisa melaksanakan kehidupan yang damai dan dengan baik, dan Indonesia punya pengalaman yang sama,” ujar Masduki.

Usai acara tersebut, masih dilokasi yang sama Ma’ruf diagendakan menyaksikan penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara Komisi Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Kyoto University terkait Kerja Sama Keuangan Syariah.

Lalu pada pukul 16.05 WS, Ma’ruf direncanakan melakukan pertemuan dengan President Kyoto University, di Kyoto University.

Ma’ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta, dari Bandara Kansai, Osaka pada Kamis (9/5) mendatang.

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Kerugian Rp 100 Juta, Kebakaran Pabrik Gula Jawa Nihil Korban

INDONESIAONLINE – Pabrik gula jawa milik Sutrisno (55) di Dusun Karanglo Desa…

Luhut Bisiki Jokowi soal Penyedia Tetap Makanan Prajurit TNI

INDONESIAONLINE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku diberi tahu oleh Menteri Koordinator…

Open BO, 6 Perempuan Kena Razia Pekat, 3 Masih Layani Tamu

INDONESIAONLINE – Enam wanita terpaksa diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)…