JATIMTIMES – Peranakan Etawa Community Blitar Timur (PETAC) sukses menggelar kontes kambing seni peranakan Etawa di Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Minggu (6/2/2022).  Agenda ini disambut antusias oleh masyarakat, dan mendapat dukungan penuh dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar.

Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri, mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh digelarnya kontes kambing seni peranakan Etawa di Desa Resapombo. Diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat agar lebih meningkatkan kualitas hasil peternakan.

Menurut Toha, saat ini ada penurunan kualitas hasil peternakan Etawa di Kabupaten Blitar. Oleh sebab itu diperlukan keilmuan tentang cara breeding agar tidak muncul kawin dengan sedarah.

‘’Kegiatan kontes ini diprakarsai PETAC dari Blitar Timur.Tujuan dari digelarnya kontes ini adalah untuk membangkitkan peternakan kambing Etawa di Kabupaten Blitar Blitar. Tujuan digelarnya kontes ini adalah untuk membangkitkan motivasi masyarakat dalam beternak Etawa dan menjaga kualitas kambing Etawa. Karena dirasa saat ini mulai ada penurunan kualitas sehingga perlu peningkatan keilmuan cara breeding,’’ kata Toha.

Baca Juga  Seorang Wanita Ditemukan Meninggal di Kamar Mandi

Kontes kambing peranakan Etawa ini sangat penting untuk digelar. Kambing-kambing yang mendapatkan juara di kontes ini akan meningkat nilai jualnya. Hal ini lanjut Toha, akan membawa dampak perekonomian bagi warga masyarakat di bidang peternakan.

‘’Kontes ini membawa dampak ekonomi bagi masyarakat kita. Kami dari Disnakkan akan terus mendorong peningkatan ekonomi di bidang peternakan khususnya di bidang kambing Etawa,’’ tukasnya.

Kontes kambing peranakan Etawa di Desa Resapombo mendapat sambutan baik dari masyarakat.  Kontes ini adalah yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Blitar wilayah timur.

‘’Kontes kambing peranakan Etawa di Blitar bagian timur ini adalah yang pertama kali digelar. Dan kami berharap di tahun-tahun berikutnya bisa kembali digelar. Event perdana ini sekaligus dijadikan momen launching atau untuk pernyataan bahwa mereka membentuk kelompok baru,’’ imbuh Toha.

Baca Juga  Perempuan di Tulungagung Meninggal saat Tanam Padi

Sekedar diketahui, Kabupaten Blitar adalah salah satu daerah dengan populasi kambing terbanyak di Jawa Timur. Di Kabupaten Blitar sendiri populasi kambing terbanyak berada di beberapa kecamatan diantaranya  Gandusari, Doko, Nglegok, dan Ponggok. Di tiga kecamatan itu rata-rata di setiap kecamatan ini memiliki kurang lebih 12 ribu ekor kambing.

‘’Potensi kambing di Kabupaten Blitar ini luar biasa, salah satu yang terbanyak di Jawa Timur. Kami dari pemerintah daerah akan mendorong agar kualitas kambing di Kabupaten Blitar khususnya kambing Etawa kedepan semakin baik,’’ pungkas Toha.



Aunur Rofiq