INDONESIAONLINE – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menanggapi kasus bayi viral di Bekasi yang memiliki berat badan 27 kilogram.

Menurut Budi, bayi yang bernama Kenzie,yang masih berusia 16 bulan namun sudah berbobot 27 kilogram itu seharusnya mendapatkan perawatan intensif dengan segera.

“Kalau kelebihan (berat badan) itu dia harus dirawat. Itu pasti ada sesuatu. Itu dirawat ke BPJS,” kata Budi kepada wartawan di Posyandu Balita Cempaka 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).

Budi selanjutnya meminta informasi terkait bayi tersebut, namun Budi mengatakan hingga saat ini pihaknya belum intervensi secara langsung.

Lebih lanjut, Budi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk menelusuri kondisi anak tersebut.

“Saya sudah baca berita itu. Tapi saya belum intervensi langsung, tapi nanti saya langsung aja deh masuk ke Dinkes Bekasi,” ujarnya.

Baca Juga  Dipersulit Pembelian Solar Subsidi, Petani di Jombang Demo

Tak hanya itu, Budi juga memastikan jika pihaknya akan membantu biaya perawatan bayi tersebut apabila tidak ditanggung BPJS.

“Nanti saya akan telepon, saya akan minta tolong diperhatikan BPJS-nya. Harusnya sih kita kan sudah 99 persen, harusnya udah di-cover BPJS-nya. Kalau enggak di-cover, nanti kita bantu,” jelasnya.

Sementara menurut Pitriah, ibunda Kenzie ia sering membawa Kenzie ke posyandu secara rutin, namun hal itu berhenti semenjak berat badan Kenzie kian naik dan membuat dirinya tidak bisa untuk menggendongnya.

Pitriah lalu mengungkap jika pihak kelurahan sempat memberi stroller agar Kenzie bisa menjalani pemeriksaan rutin ke posyandu, namun storiler itu terlalu kecil untuk badan Kenzie.

Sebelumnya, Kenzie sempat viral di media sosial. Dalam viralnya Kenzie, Pitria mengungkap jika Kenzie lahir dengan BB 4 kg dan bb tersebut kian bertambah saat Kenzie sudah mpasi.

Baca Juga  Trik Ini Bisa Kalian Lakukan Bagi Hijabers yang Ingin Beranting

“Lahirnya kan 4 kilogram. Pas perubahannya, 6 bulan. Naik sekilo-sekilo,” ujar Pitriah ditemui detikcom di kediamannya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Sebelum masuk diusia 6 bulan, Pitriah mengira jika pertumbuhan anaknya normal. Namun semenjak di usia 6 bulan, berat badan Kenzie melonjak antara 15-16 kilogram.

“Biasa, normal. Kayak ukuran begitu deh biasa aja,” kata Pitriah.

Pitriah mulai sadar jika anaknya semakin besar ketika melakukan penimbangan di Posyandu. Ia juga mendapatkan komentar dari orang sekitar terkait perubahan bentuk tubuh pada anaknya.

“Saya juga udah merasa, ini anak (Kenzie) makin gede. Orang juga pada ngomong ‘Tri, ntar anak lu ntar takutnya obesitas gitu’. Pada ngomong begitu,” kata Pitriah.