Mobil dinas Presiden Soekarno di city tour Mojokerto.

JATIMTIMES – Mobil dinas mantan Presiden RI Ir  Soekarno sudah terlihat terpajang di rumah dinas wali kota Mojokerto atau biasa disebut Rumah Rakyat, Minggu (16/1) pagi ini. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun ini terlihat diperebutkan warga untuk berselfie ria. Mobil tersebut terpajang bersama puluhan mobil kuno lainnya di halaman depan Rumah Rakyat.

Mobil-mobil itu hadir karena Komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Jatim sedang mengadakan acara City Tour Soekarno Ing Tlatah Majapahit di kota dengan tiga kecamatan ini. Ketua PPMKI Jatim Surya Kusuma menyampaikan PPMKI Pengprov Jatim selalu mengadakan kegiatan rutin per tiga bulan paling lambat empat bulan sekali.

Baca Juga  Presiden Jokowi Dilempar Sandal dan Air Mineral di Sumut

“Sekarang kami pilih di sini. Karena Kota Mojokerto Bhumi Mojopahit. Kali ini korwil Mojokerto,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pada awal tahun ini dipilih Mojokerto agar lebih menarik dengan sejarah dan kerajaannya. Selain itu, Bung Karno  mengawali sekolah di Kota Mojokerto.

“Ini mau City Tour dari rumah dinas ke Gubug Wayang sebagai ikon Kota Mojokerto yang menampilkan sejarah,” imbuh Surya.

Surya menceritakan bahwa mobil dengan nopol RI 1 tersebut salah satu yang dimiliki Soekarno. Dan dulunya disimpan di wisma tempat tempat tinggal Dewi Soekarno.

 Surya menambahkan, mobil kuno ini spare part-nya sudah langka. “Pencariannya tidak cepat setahun, dua tahun. Itu seninya, hunting terus. Itu yang buat kita makin guyub,” imbuh dia.

Baca Juga  Bupati Sanusi Pimpin Deklarasi Damai Santri untuk Indonesia dari Singosari

Terpisah, Cyntia Handy -direktur Gubug Wayang- menambahkan tujuan City Tour Soekarno karena Mojokerto merupakan kota kecil yang menyimpan banyak sejarah, mulai dari Kerajaan Majapahit hingga masa Kemerdekaan. “Sejarah yang ada di kota ini patut untuk diangkat dan menjadi salah satu ikon untuk Kota Mojokerto yang akan menjadi kota pariwisata sesuai prioritas pengembangan wali kota Mojokerto saat ini,” imbuhnya.



Abdullah M