Apa itu Ekokardiograf?  Simak penjelasan dari Ahli Jantung RSI Unisma ini
Spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang, dr Ira Setya Waty Sp JP.(Ist)

INDONESIAONLINE – Dalam dunia medis, ada berbagai istilah yang tidak diketahui masyarakat. Salah satu istilah tersebut adalah ekokardiograf. Jadi, apa sebenarnya ekokardiograf itu?

Spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang, dr Ira Setya Waty Sp JP menjelaskan, ekokardiograf merupakan pemeriksaan penunjang untuk melihat gambaran struktur dan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Pemeriksaan ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menangkap gambar struktur jantung. Ekokardiograf biasanya juga dibantu dengan teknologi Doppler yang dapat mengukur kecepatan dan arah aliran darah. “Pemeriksaan ini menggunakan gelombang ultrasound,” jelas Ira.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam melakukan pemeriksaan ekokardiografi tidak diperlukan persiapan khusus. Pemeriksaan ini juga tidak menimbulkan efek samping. Dengan pemeriksaan ekokardiografi, kelainan pada struktur dan fungsi katup dan pembuluh darah besar dapat terlihat.

Metode pencitraan ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung, memastikan diagnosis, menentukan pengobatan yang tepat, dan mengevaluasi pengobatan yang diberikan.

“Bisa juga melihat prognosis dan melihat perbaikan atau hasil dari intervensi intervensi sebelumnya. Jika ada keluhan, segera periksakan dan berobat ke RSI Unisma sebelum terlambat,” kata Ira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…