INDONESIAONLINE – Praktik pesugihan biasanya dilakukan untuk mendatangkan kekayaan yang berlimpah. Salah satu praktik pesugihan yang sering terdengar yakni dengan bantuan tuyul. 

Sosok tuyul yang bekerja untuk pelaku pesugihan itu akan mencuri uang dari rumah-rumah warga. Biasanya tuyul mengambil uang dalam jumlah yang sedikit, selembar atau 2 lembar.

Lantas apakah, tuyul bisa mengambil uang di bank atau mesin ATM yang jumlah uangnya lebih banyak? 

Pakar spiritual dan kejawen, Ki Sabrang Alam mengungkap alasan tuyul tidak bisa mencuri uang dari mesin ATM atau bank sesuai ilmu kebatinan.

“Ada beberapa kriteria khusus yang harus dijalankan oleh si tuyul sebelum mencuri. Yang pertama pelaku pesugihan biasanya akan mendatangi rumah yang akan jadi targetnya,” ucap Ki Sabrang Alam seperti dikutip dari kanal YouTube ajian putih.

Perlu diketahui, tuyul pesugihan tidak bisa bekerja dengan sendirinya. Sehari sebelumnya pelaku pesugihan akan datang ke rumah target dan membacakan beberapa mantra khusus dengan tujuan mengelabui korban secara sihir.

Baca Juga  Pencipta Pesawat Tempur Fokker Jerman, Ternyata Lahir di Blitar

“Setelah mengetahui identitas korbannya, nantinya tuyul akan disuruh untuk mencuri dan diantar dengan cara digendong ke tempat tujuan,” kata Ki Sabrang Alam. 

“Itulah mengapa dalam beberapa kasus, tuyul gagal mencuri uang karena tersesat akibat mendapat informasi target kurang lengkap,” tambah Ki Sabrang Alam.

Hal itulah yang menyebabkan tuyul tidak bisa mencuri di bank atau mesin ATM karena tidak mengetahui identitas uang. Uang yang ada di dalam ATM merupakan uang yang tidak bertuan, akan sulit bagi tuyul untuk mengambil uang yang belum pernah dimiliki atau pemiliknya berpindah-pindah.

“Ketika uang yang berada di ATM, ini kan tidak bisa spesifik identitasnya dan uangnya kurang jelas bagi tuyul, makanya tuyul agak kebingungan ketika akan mencuri,” tutur Ki Sabrang Alam.

Baca Juga  Cara Membuat Sheer Kurma, Dora Wat dan Lemang serta Bahannya

Namun ada juga beberapa mitos yang menyebut jika tuyul pesugihan takut dengan kaca bilik ATM. Menurut cerita yang berkembang, tuyul tidak akan bekerja saat mereka melihat kaca di luar mesin ATM.

“Jadi ketika tuyul melihat wajahnya sendiri, ia akan terheran-heran hingga akhirnya lupa dengan tugasnya,” tandas Ki Sabrang Alam. 

Tak cuma itu, uang yang ada di ATM tertata rapi dan tidak disukai tuyul dan lemari besi serta brankas bank yang tertutup dipercaya menyulitkan tuyul untuk mengambil uang. Ki Sabrang Alam juga menegaskan untuk bersedekah berapapun jumlahnya agar harta yang dimiliki terhindar dari pencurian tuyul dan makhluk gaib lainnya.



Desi Kris